Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DIGITAL MARKETING

 


Apa itu Digital Marketing?

Pengertian Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk dengan menggunakan media digital atau internet.

Tujuan dari digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita ketahui, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas, sehingga tidak heran jika kegiatan digital marketing menjadi pilihan utama bagi perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling bersaing untuk membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasaran mereka di dunia maya.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam pemasaran digital adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti iklan FB dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, pemasaran email, pemasaran seluler, dan lain-lain.

Kelebihan Digital Marketing

1. Kecepatan Penerapan

Strategi pemasaran menggunakan media digital ini dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik saja. Selain itu, DM juga dapat diukur secara real time dan tepat.

2. Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media online, Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persentase konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.

Setelah mengetahui informasi semacam itu, maka Anda dapat mengevaluasi iklan mana yang baik dan buruk. Sehingga dapat ditingkatkan untuk periode selanjutnya.

3. Jangkauan Lebih Luas

Keunggulan selanjutnya adalah dapat menjangkau geografis DM yang luas.

4. Murah dan Efektif

Biaya anggaran yang dihemat dapat mencapai 40%, menurut Laporan Pengeluaran Pemasaran Digital Gartner.

5. Bangun Nama Merek

Keberadaan dunia maya dengan kehadiran brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

Jenis Digital Marketing

1. Situs Web

Website berperan sangat penting dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengenal bisnis Anda, menghemat promosi dan media bisnis yang mudah.

2. Pemasaran Mesin Pencari

Upaya agar website perusahaan mudah ditemukan di sistem mesin pencari. Search Engine Marketing dibagi menjadi Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan lebih murah sedangkan SEM berbayar namun lebih cepat.

3. Pemasaran Media Sosial

Beredar platform di media sosial seperti Facebook dan Twitter karena bisa dilakukan dengan biaya minimal atau bahkan gratis.

4. Periklanan Online

Media promosi melalui internet dengan dikenakan biaya. Ini bisa mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan tetapi agak lebih mahal dari tipe sebelumnya.

5. Pemasaran Email

Anda dapat memberikan informasi terbaru tentang promosi yang sedang berlangsung atau produk atau layanan baru.

6. Pemasaran Video

Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya, serta menampilkan testimoni pelanggan.

Strategi Digital Marketing

1. Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

SEO adalah upaya mengoptimalkan situs untuk mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian.

Untuk berada di peringkat teratas, Anda perlu memahami cara kerja sistem mesin pencari.

2. Pemasaran Konten

Rencanakan, buat, dan bagikan konten tentang perusahaan. Hal ini untuk menarik pembaca mengenal bisnis tersebut dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli.

3. Otomatisasi Pemasaran

Otomasi Pemasaran adalah teknik mengotomatisasi tugas yang berulang.

4. Bayar Per Klik (PPC)

PPC adalah cara untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda untuk setiap klik. Misalnya Google AdWords, Anda membayar dan mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya untuk setiap klik.

Selain itu, ada juga Facebook Ads dan LinkedIn Sponsored Messages.

5. Iklan Asli

Suatu bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya

6. Pemasaran Afiliasi

Pemasaran Afiliasi adalah ketika Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Misalnya Hosting iklan video dengan Youtube.

7. Pemasaran Media Sosial

Namun, pada awalnya, hanya fokus pada satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga dan pengetahuan. Kemudian tentukan kepribadian yang Anda gunakan di media sosial, seperti formal atau semi formal.

 

1 komentar untuk "DIGITAL MARKETING"

  1. Digital marketing saat ini memang sedang merajai platform periklanan yang ada. Nice post

    BalasHapus