DIGITAL MARKETING
Apa itu Digital Marketing?
Pengertian Digital
marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk
dengan menggunakan media digital atau internet.
Tujuan dari digital
marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat.
Seperti yang kita ketahui, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat
sangat luas, sehingga tidak heran jika kegiatan digital marketing menjadi
pilihan utama bagi perusahaan.
Akibatnya, perusahaan
saling bersaing untuk membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam
pemasaran mereka di dunia maya.
Beberapa contoh
teknik pemasaran yang termasuk dalam pemasaran digital adalah SEO (Search
Engine Optimization), periklanan online seperti iklan FB dan Google Ads,
promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, pemasaran
email, pemasaran seluler, dan lain-lain.
Kelebihan Digital Marketing
1. Kecepatan Penerapan
Strategi pemasaran menggunakan
media digital ini dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan
detik saja. Selain itu, DM juga dapat diukur secara real time dan tepat.
2. Kemudahan Evaluasi
Dengan menggunakan
media online, Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak
orang yang melihat produk Anda, berapa persentase konversi penjualan dari
setiap iklan dan sebagainya.
Setelah mengetahui
informasi semacam itu, maka Anda dapat mengevaluasi iklan mana yang baik dan
buruk. Sehingga dapat ditingkatkan untuk periode selanjutnya.
3. Jangkauan Lebih Luas
Keunggulan
selanjutnya adalah dapat menjangkau geografis DM yang luas.
4. Murah dan Efektif
Biaya anggaran yang
dihemat dapat mencapai 40%, menurut Laporan Pengeluaran Pemasaran Digital
Gartner.
5. Bangun Nama Merek
Keberadaan dunia maya
dengan kehadiran brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan
pencarian online sebelum membeli produk Anda.
Jenis Digital Marketing
1. Situs Web
Website berperan
sangat penting dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen
mengenal bisnis Anda, menghemat promosi dan media bisnis yang mudah.
2. Pemasaran Mesin Pencari
Upaya agar website
perusahaan mudah ditemukan di sistem mesin pencari. Search Engine Marketing
dibagi menjadi Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing
(SEM).
SEO dilakukan sendiri
dengan waktu yang lebih lama dan lebih murah sedangkan SEM berbayar namun lebih
cepat.
3. Pemasaran Media Sosial
Beredar platform di
media sosial seperti Facebook dan Twitter karena bisa dilakukan dengan biaya
minimal atau bahkan gratis.
4. Periklanan Online
Media promosi melalui
internet dengan dikenakan biaya. Ini bisa mendapatkan konsumen lebih cepat dan
memuaskan tetapi agak lebih mahal dari tipe sebelumnya.
5. Pemasaran Email
Anda dapat memberikan
informasi terbaru tentang promosi yang sedang berlangsung atau produk atau
layanan baru.
6. Pemasaran Video
Dengan cara ini, Anda
dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya,
serta menampilkan testimoni pelanggan.
Strategi Digital Marketing
1. Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)
SEO adalah upaya
mengoptimalkan situs untuk mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian.
Untuk berada di
peringkat teratas, Anda perlu memahami cara kerja sistem mesin pencari.
2. Pemasaran Konten
Rencanakan, buat, dan
bagikan konten tentang perusahaan. Hal ini untuk menarik pembaca mengenal
bisnis tersebut dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli.
3. Otomatisasi Pemasaran
Otomasi Pemasaran
adalah teknik mengotomatisasi tugas yang berulang.
4. Bayar Per Klik (PPC)
PPC adalah cara untuk
mengarahkan lalu lintas ke situs Anda untuk setiap klik. Misalnya Google
AdWords, Anda membayar dan mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google
dan dikenakan biaya untuk setiap klik.
Selain itu, ada juga
Facebook Ads dan LinkedIn Sponsored Messages.
5. Iklan Asli
Suatu bentuk konten
berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten
media dan penempatannya
6. Pemasaran Afiliasi
Pemasaran Afiliasi
adalah ketika Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat
komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Misalnya Hosting
iklan video dengan Youtube.
7. Pemasaran Media Sosial
Namun, pada awalnya,
hanya fokus pada satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga dan
pengetahuan. Kemudian tentukan kepribadian yang Anda gunakan di media sosial,
seperti formal atau semi formal.
Digital marketing saat ini memang sedang merajai platform periklanan yang ada. Nice post
BalasHapus