Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KONVERSI WEBSITE



Konversi Website: Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?

Secara sederhana, konversi adalah tujuan situs web, yaitu tindakan yang Anda inginkan agar dilakukan pengunjung saat mereka berada di sana. Membeli produk, berbagi artikel, mengarahkan ke halaman tertentu, adalah tujuan konversi situs web. Konversi terbagi menjadi dua jenis, yaitu konversi makro dan konversi mikro.

Konversi makro persis seperti yang Anda cari untuk tujuan situs web. Sedangkan konversi mikro adalah hal-hal kecil yang dapat dilakukan pelanggan yang mengarahkan mereka ke konversi makro. Seperti formulir pendaftaran buletin, yang memberi Anda kesempatan untuk meyakinkan pelanggan masa depan melalui email.

Strategi Mengoptimalkan Konversi

Berikut ini adalah 6 strategi untuk mengoptimalkan konversi untuk situs web dan halaman arahan bisnis Anda.

1.    Hilangkan gangguan dari situs web dan halaman arahan, yang bertujuan untuk membuat pengunjung fokus pada Call to Action (CTA) yang Anda inginkan.

2.    Menggunakan teknik trampolin permen karet, yang mengurangi rasio pentalan tinggi dengan membuat orang tetap berada di situs web Anda dengan menambahkan "karet" ke dalamnya. Rasio pentalan adalah persentase kunjungan ke halaman situs web atau halaman arahan yang kemudian meninggalkan halaman tersebut. Untuk mengurangi rasio pentalan, Anda dapat mengedit penargetan iklan, menggunakan kata kunci panjang untuk konten, dan berhenti menggunakan situs web lain yang mendorong lalu lintas bernilai rendah dan tidak relevan ke situs web Anda.

3.    Selanjutnya menggunakan taktik kelangkaan, misalnya dengan memadukannya dengan kepercayaan.

4.    Buat konten yang tepat, yang harus mengatasi masalah pelanggan Anda dan mendidik mereka tentang cara mencapai tujuan atau keinginan bisnis mereka. Untuk membuat konten yang akan menghasilkan konversi situs web, Anda harus memahami siapa audiens target Anda. Kemudian Anda dapat membangun pemasaran konten Anda sehingga menarik perhatian.

5.    Lakukan pengujian terpisah, yang tidak hanya digunakan saat tingkat konversi situs web rendah, tetapi juga harus digunakan di seluruh bisnis online Anda. Untuk mengetahui apa yang harus diuji, Anda perlu membuat hipotesis.

6.    Teknik copywriting. Saat menulis teks untuk beranda atau halaman arahan Anda, Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik minat pengunjung dengan membuat daftar poin-poin penting yang mudah dipahami pembaca. Selain poin-poin kunci di atas, elemen lain dari copywriting yang mudah dipahami adalah judul atau headline.

Cara Untuk meningkatkan konsumen konversi

Berikut 4 strategi mencuri perhatian konsumen yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan konversi website Anda.

1.    Berpikir seperti konsumen

Saat menjual sesuatu, David Ogilvy, yang sering disebut sebagai bapak periklanan, selalu fokus pada bahasa konsumennya. Untuk membujuk orang agar membeli sesuatu, jangan hanya fokus pada produk. Namun untuk menarik perhatian konsumen, Anda harus memiliki wawasan yang cukup kuat tentang bahasa target audiens Anda.

Karena peran utama dalam sebuah produk adalah konsumen. Tanpa mereka, Anda tidak dapat menarik audiens dan menghasilkan konversi di situs web Anda. Karena itu, beri jarak antara Anda dan produk Anda, lalu berikan semua ruang kepada pelanggan Anda. Untuk membangkitkan cinta yang setara di mata orang-orang, maka mulailah memikirkan produk Anda dari sudut pandang pembeli.

2.    Memikirkan kelebihan produk

Mengapa seseorang harus berinvestasi atau membeli produk Anda? Hanya produk yang bagus dan unik yang dapat bertahan di pasar yang kompetitif dan terus meningkatkan konversi situs web Anda. Jadi, sebelum meluncurkan produk atau layanan, Anda harus memperhatikan proposisi penjualan yang unik.

3.    Membuat persona konsumen ideal

Untuk menarik perhatian, penting untuk mengetahui apa yang dikatakan audiens Anda tentang produk Anda. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat persona konsumen ketika Anda telah mengumpulkan informasi dari pelanggan Anda dengan bantuan survei.

Pengetahuan mendalam tentang konsumen dan produk yang Anda kembangkan, akan membantu Anda dalam pembuatan konten, tindak lanjut penjualan, akuisisi dan retensi pelanggan. Anda dapat melakukan riset atau survei menggunakan Google Analytics untuk mengetahui informasi tentang konsumen Anda.

4.    Membuat video untuk produk

Dalam dunia informasi yang berlebihan, pemasaran video menjadi cukup penting untuk menarik perhatian konsumen. Video produk memiliki dampak yang lebih baik pada konsumen daripada teks dan gambar.

Setelah mengetahui beberapa uraian di atas, kini Anda pasti tahu proses apa yang perlu Anda ikuti untuk mengoptimalkan konversi website atau landing page yang tidak bekerja maksimal. Jika Anda telah berhasil melakukan konversi web, maka penjualan produk juga akan meningkat. Dan keuntungan bisnis Anda juga akan meningkat banyak.

Jurnal hadir sebagai software akuntansi online yang sangat praktis digunakan dan sangat cocok untuk segala jenis bisnis. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana aplikasi sistem informasi akuntansi dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda.

Mengapa mengukur Conversion Rate itu penting?

Karena tingkat konversi adalah salah satu tolak ukur seberapa aktif dan menguntungkan kegiatan pemasaran digital, penting bagi Anda untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Melacak tingkat konversi memungkinkan Anda mengukur kinerja situs web Anda serta aktivitas pemasaran digital Anda. Mengetahui persentase pengunjung atau pengguna yang menyelesaikan satu atau beberapa sasaran konversi dapat mendorong bisnis Anda.

Manfaat lain dari mengetahui tingkat konversi Anda adalah potensi besar bagi Anda untuk mengukur keberhasilan keseluruhan kinerja situs web atau aplikasi Anda, serta kemampuan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Seberapa Baik Conversion Rate Anda?

Untuk mengetahui posisi CVR Google Ad Words Anda, kumpulkan data rasio konversi persentase (CVR) dan jenis industri tempat bisnis Anda berada dan lihat Tolok Ukur Industri Google Ad Words.

Dengan Google Adwords Industry Benchmarks, Anda dapat mengetahui apakah tingkat konversi perusahaan Anda lebih tinggi atau lebih rendah dari persentase rata-rata. Dalam aplikasi ini, CVR rata-rata di semua industri adalah 2,70% pada jaringan pencarian dan 0,89% pada jaringan tampilan.

Cara melakukan Conversion Rate Optimization

Pengoptimalan Tingkat Konversi adalah proses mengoptimalkan tingkat konversi menggunakan data yang ada.

Prosedur CRO dilakukan dengan merumuskan hipotesis mengapa pengunjung tidak melakukan konversi dan mencari ide dalam upaya meningkatkan konversi, kemudian menguji ide tersebut melalui proses yang disebut pengujian A/B, untuk melihat halaman mana yang berfungsi lebih baik.

Ada beberapa cara lain untuk melakukan CRO, yaitu:

1.    Identifikasi sasaran konversi terbaru dan area di mana Rasio konversi dapat terus ditingkatkan, dan terapkan pengujian fitur baru.

2.    Pastikan judul Anda menyampaikan proposisi nilai perusahaan Anda dengan jelas.

3.    Coba perbesar tombol di situs web atau gunakan opsi warna kontras tinggi.

4.    Simpan elemen halaman yang paling penting (seperti formulir dan tombol) di bagian halaman yang paling terlihat.

5.    Gunakan frasa ajakan bertindak (CTA) yang kuat untuk menarik pengunjung agar menghubungi perusahaan Anda.

6.    Gunakan gambar produk berkualitas tinggi.

7.    Pertimbangkan untuk menambahkan video ke halaman arahan situs web Anda.

8.    Pastikan situs dan halaman Anda berfungsi dengan baik di perangkat seluler/seluler.

9.    Permudah calon pelanggan untuk menghubungi Anda melalui fitur chat atau telepon.


Posting Komentar untuk "KONVERSI WEBSITE"