KONVERSI WEBSITE
Konversi Website: Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?
Secara sederhana,
konversi adalah tujuan situs web, yaitu tindakan yang Anda inginkan agar
dilakukan pengunjung saat mereka berada di sana. Membeli produk, berbagi
artikel, mengarahkan ke halaman tertentu, adalah tujuan konversi situs web.
Konversi terbagi menjadi dua jenis, yaitu konversi makro dan konversi mikro.
Konversi makro persis
seperti yang Anda cari untuk tujuan situs web. Sedangkan konversi mikro adalah
hal-hal kecil yang dapat dilakukan pelanggan yang mengarahkan mereka ke
konversi makro. Seperti formulir pendaftaran buletin, yang memberi Anda
kesempatan untuk meyakinkan pelanggan masa depan melalui email.
Strategi Mengoptimalkan Konversi
Berikut ini adalah 6
strategi untuk mengoptimalkan konversi untuk situs web dan halaman arahan
bisnis Anda.
1. Hilangkan gangguan dari situs web dan halaman arahan,
yang bertujuan untuk membuat pengunjung fokus pada Call to Action (CTA) yang
Anda inginkan.
2. Menggunakan teknik trampolin permen karet, yang mengurangi
rasio pentalan tinggi dengan membuat orang tetap berada di situs web Anda
dengan menambahkan "karet" ke dalamnya. Rasio pentalan adalah
persentase kunjungan ke halaman situs web atau halaman arahan yang kemudian
meninggalkan halaman tersebut. Untuk mengurangi rasio pentalan, Anda dapat
mengedit penargetan iklan, menggunakan kata kunci panjang untuk konten, dan
berhenti menggunakan situs web lain yang mendorong lalu lintas bernilai rendah
dan tidak relevan ke situs web Anda.
3. Selanjutnya menggunakan taktik kelangkaan, misalnya
dengan memadukannya dengan kepercayaan.
4. Buat konten yang tepat, yang harus mengatasi masalah
pelanggan Anda dan mendidik mereka tentang cara mencapai tujuan atau keinginan
bisnis mereka. Untuk membuat konten yang akan menghasilkan konversi situs web,
Anda harus memahami siapa audiens target Anda. Kemudian Anda dapat membangun
pemasaran konten Anda sehingga menarik perhatian.
5. Lakukan pengujian terpisah, yang tidak hanya digunakan
saat tingkat konversi situs web rendah, tetapi juga harus digunakan di seluruh
bisnis online Anda. Untuk mengetahui apa yang harus diuji, Anda perlu membuat
hipotesis.
6. Teknik copywriting. Saat menulis teks untuk beranda atau
halaman arahan Anda, Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik minat
pengunjung dengan membuat daftar poin-poin penting yang mudah dipahami pembaca.
Selain poin-poin kunci di atas, elemen lain dari copywriting yang mudah
dipahami adalah judul atau headline.
Cara Untuk meningkatkan konsumen konversi
Berikut 4 strategi
mencuri perhatian konsumen yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan konversi
website Anda.
1. Berpikir
seperti konsumen
Saat menjual sesuatu,
David Ogilvy, yang sering disebut sebagai bapak periklanan, selalu fokus pada
bahasa konsumennya. Untuk membujuk orang agar membeli sesuatu, jangan hanya
fokus pada produk. Namun untuk menarik perhatian konsumen, Anda harus memiliki
wawasan yang cukup kuat tentang bahasa target audiens Anda.
Karena peran utama
dalam sebuah produk adalah konsumen. Tanpa mereka, Anda tidak dapat menarik
audiens dan menghasilkan konversi di situs web Anda. Karena itu, beri jarak
antara Anda dan produk Anda, lalu berikan semua ruang kepada pelanggan Anda.
Untuk membangkitkan cinta yang setara di mata orang-orang, maka mulailah
memikirkan produk Anda dari sudut pandang pembeli.
2. Memikirkan
kelebihan produk
Mengapa seseorang
harus berinvestasi atau membeli produk Anda? Hanya produk yang bagus dan unik
yang dapat bertahan di pasar yang kompetitif dan terus meningkatkan konversi
situs web Anda. Jadi, sebelum meluncurkan produk atau layanan, Anda harus
memperhatikan proposisi penjualan yang unik.
3. Membuat
persona konsumen ideal
Untuk menarik
perhatian, penting untuk mengetahui apa yang dikatakan audiens Anda tentang
produk Anda. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat persona konsumen ketika Anda
telah mengumpulkan informasi dari pelanggan Anda dengan bantuan survei.
Pengetahuan mendalam
tentang konsumen dan produk yang Anda kembangkan, akan membantu Anda dalam
pembuatan konten, tindak lanjut penjualan, akuisisi dan retensi pelanggan. Anda
dapat melakukan riset atau survei menggunakan Google Analytics untuk mengetahui
informasi tentang konsumen Anda.
4. Membuat
video untuk produk
Dalam dunia informasi
yang berlebihan, pemasaran video menjadi cukup penting untuk menarik perhatian
konsumen. Video produk memiliki dampak yang lebih baik pada konsumen daripada
teks dan gambar.
Setelah mengetahui
beberapa uraian di atas, kini Anda pasti tahu proses apa yang perlu Anda ikuti
untuk mengoptimalkan konversi website atau landing page yang tidak bekerja
maksimal. Jika Anda telah berhasil melakukan konversi web, maka penjualan
produk juga akan meningkat. Dan keuntungan bisnis Anda juga akan meningkat
banyak.
Jurnal hadir sebagai
software akuntansi online yang sangat praktis digunakan dan sangat cocok untuk
segala jenis bisnis. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana aplikasi sistem
informasi akuntansi dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda.
Mengapa mengukur Conversion Rate itu penting?
Karena tingkat
konversi adalah salah satu tolak ukur seberapa aktif dan menguntungkan kegiatan
pemasaran digital, penting bagi Anda untuk mempelajarinya lebih lanjut.
Melacak tingkat
konversi memungkinkan Anda mengukur kinerja situs web Anda serta aktivitas
pemasaran digital Anda. Mengetahui persentase pengunjung atau pengguna yang
menyelesaikan satu atau beberapa sasaran konversi dapat mendorong bisnis Anda.
Manfaat lain dari
mengetahui tingkat konversi Anda adalah potensi besar bagi Anda untuk mengukur
keberhasilan keseluruhan kinerja situs web atau aplikasi Anda, serta kemampuan
untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
Seberapa Baik Conversion Rate Anda?
Untuk mengetahui
posisi CVR Google Ad Words Anda, kumpulkan data rasio konversi persentase (CVR)
dan jenis industri tempat bisnis Anda berada dan lihat Tolok Ukur Industri
Google Ad Words.
Dengan Google Adwords
Industry Benchmarks, Anda dapat mengetahui apakah tingkat konversi perusahaan
Anda lebih tinggi atau lebih rendah dari persentase rata-rata. Dalam aplikasi
ini, CVR rata-rata di semua industri adalah 2,70% pada jaringan pencarian dan
0,89% pada jaringan tampilan.
Cara melakukan Conversion Rate Optimization
Pengoptimalan Tingkat
Konversi adalah proses mengoptimalkan tingkat konversi menggunakan data yang
ada.
Prosedur CRO
dilakukan dengan merumuskan hipotesis mengapa pengunjung tidak melakukan
konversi dan mencari ide dalam upaya meningkatkan konversi, kemudian menguji
ide tersebut melalui proses yang disebut pengujian A/B, untuk melihat halaman
mana yang berfungsi lebih baik.
Ada beberapa cara lain
untuk melakukan CRO, yaitu:
1. Identifikasi sasaran konversi terbaru dan area di mana
Rasio konversi dapat terus ditingkatkan, dan terapkan pengujian fitur baru.
2. Pastikan judul Anda menyampaikan proposisi nilai
perusahaan Anda dengan jelas.
3. Coba perbesar tombol di situs web atau gunakan opsi warna
kontras tinggi.
4. Simpan elemen halaman yang paling penting (seperti
formulir dan tombol) di bagian halaman yang paling terlihat.
5. Gunakan frasa ajakan bertindak (CTA) yang kuat untuk
menarik pengunjung agar menghubungi perusahaan Anda.
6. Gunakan gambar produk berkualitas tinggi.
7. Pertimbangkan untuk menambahkan video ke halaman arahan
situs web Anda.
8. Pastikan situs dan halaman Anda berfungsi dengan baik di
perangkat seluler/seluler.
9. Permudah calon pelanggan untuk menghubungi Anda melalui
fitur chat atau telepon.
Posting Komentar untuk "KONVERSI WEBSITE"