MANFAAT EMAIL MARKETING
Mengapa harus memasarkan produk dengan email marketing?
Alasan Kenapa Bisnismu Perlu Email Marketing
Di zaman modern ini ada banyak platform dan strategi yang bisa digunakan untuk memasarkan brand kamu, mulai dari medsos, website, hingga email. Dengan banyaknya berbagi platform di medsos yang bisa dimanfaatkan, kenapa harus email marketing yang dibahas? Etss.., pengen tahu tidak, alasan kenapa bisnis kamu perlu email marketing?
Tentu iya! Pada umumnya, orang berfikir bahwa email marketing sudah tidak begitu efektif. Padahal, email marketing merupakan salah satu cara paling ampuh dalam menarik pelanggan.
Meskipun saat ini medsos menjadi salah satu channel yang paling penting untuk suatu bisnis, namun tidak semua orang menggunakan media sosial, itu menjadi suatu alasan kenapa email marketing masi tetap esensial.
Berikut ini beberapa manfaat dari email marketing:
Efektif untuk Menarik Pelanggan
Menarik pelanggan dan membangun hubungan dengan konsumen melalui email marketing merupakan hal yang tepat. Bahkan menurut McKinsey & Company, email marketing memiliki 40% lebih efektif dalam menjangkau konsumen daripada medsos lainnya. Sebab email marketing tidak ditentukan berdasarkan algoritme seperti twitter ataupun medsos lainnya , jadi membuat jangkaun konsumen lebih luas.
Sebagai Media Survey
Bagi bisnis pemula, mungkin untuk menyediakan survey memerlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Apalagi jika menyewa jasa pihak ketiga, mungkin akan lebih memberatkan keuangan perusahaan. Namun, bila pelanggan anda sesuai dengan kriteria responden yang dibutuhkan, anda bisa memanfaatkan email marketing untuk mengirimkan kuesioner dan juga menawarkan reward apabila merka berkenan untuk menjawab kuesioner yang anda kirimkan.
Lebih Personal
Email marketing disini memungkinkan kamu berkomunikasi dengan lebih personal kepada konsumen. Melalui email, anda bebas dalam menyesuaikan konten yang anda kelola.
Hemat Biaya
Email marketing memungkinkan kamu menjangkau calon konsumen yang luas dengan biaya yang tidak sebearapa. Email marketing selain hemat biaya juga hemat waktu, karena bisa mengirim pesan ke ratusan bahkan sampai ribuan audiens dalam beberapa klik
Mendorong Konsumen untuk Mengambil Tindakan
Saat anda mengirimkan suatu pesan kepada audiens dan audiens meresponnya, tanpa tersadari bahwa anda telah mendorong konsumen melakukan Tindakan spesifik.
Terukur
Di dalam email marketing terdapat analytic tools , yang memudahkan anda untuk mengetahui apakah audiens membaca emailmu maupun membacanya, serta , berapa dari mereka yang mengklik tombol CTA dan sebagainya.
Maka dari itu, kamu jadi bisa tahu preferensi target konsumenmu, strategi mana yang berhasil dan yang mana yang tidak, serta melakukan penyesuaian untuk meningkatkan efektivitas bisnismu.
Desain Email Dapat di Sesuaikan
Dengan menggunakan email marketing tidak membawa pesan yang terlalu kaku dan monoton. Anda bisa mengirimkan katalog dan brosur promosi dengan tampilan yang menarik pada badan email. Selain itu anda juga bisa menyisipkan link menuju website anda supaya pembeli dapat lebih mudah mengunjungi toko anda dengan hanya mengeklik link yang telah anda sisipkan.
Bisa Diotomatisasi
Dalam email marketing juga terdapat automation tools , dimana fungsi dari automation tools untuk mengotomasi email bisa membantumu meningkatkan relevansi dan ketepatan waktu dari penyampaian pesanmu, dan itu membuat waktu anda tidak terbuang sia-sia.
Menjaga Relasi Dengan Pelanggan
CRM singkatan dari Costumer Relationship Management, merupakan aktivitas dan strategi untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar menjadi pelanggan tetap dan terus membeli produk atau jasa anda. Untuk menggunakan CRM tidak membutuhkan biaya yang besar, sehingga dapat membantu anda yang memiliki bisnis baru. Dengan menggunakan email marketing, anda bisa dengan mudah untuk menyeleksi pelanggan yang sudah lama tidak melakukan pemesanan serta mengirimkan voucher gift diskon untuk mereka. Email marketing yang anda kirimkan nantinya akan otomatis masuk ke inbox mereka, sehingga kesempatan pesan untuk dibaca oleh pelanggan lebih besar.
Bisa Terintegrasi dengan Channel Marketing Lainnya
Karena tidak terpaku dalam satu konten maka anda bisa mengintegrasikan channel-channel marketing lainnya di dalam tubuh email seperti menyisipkan video atau tombol media sosial pada email. Dengan begitu, email yang anda kirimkan ke target konsumen lebih interaktif dan dapat mendukung channel marketing lain dari bisnismu.
Media Rekam Jejak
Manfaat satu ini merupakan manfaat yang sangat penting. Yaitu sebagai media rekam jejak, karena seluruh aktivitas promosi maupun percakapan kirim pesan akan tersimpan di email selama anda tidak menghapusnya. Sehingga, apabila terjadi kejanggalan atau kesalahpahaman dengan pelanggan, anda dapat menggunakan data yang sudah terekema untuk meluruskan masalah atau kesalahpahaman.
Meningkatkan Traffic ke Web Jualan Online
Email marketing memiliki cara yang sangat efektif dalam menentukan target konsumen ke website toko online anda. Jika saja anda memiliki 5 ribu kontak email list dengan click-through rate (CTR) sebesar 5%. Bahkan jika hanya 5% dari 5 ribu kontak tersebut membuka emailmu, maknanya ada 250 orang jadi tahu mengenai produk anda.
Media Komunikasi Dua Arah
Manfaat satu ini juga perlu anda ketahui. Email marketing dapat digunakan sebagai media komunikasi dua arah, namun email marketing memiliki sedikit perbedaan dengan sosial media yang lain. Mengapa begitu? Karena berkomunikasi melalui email memiliki kesan lebih profesional dibanding berkomunikasi dengan sosial media yang lain, sehingga dengan menggunakan email, bisnis anda memiliki kesan profesional walaupun bisnis anda masih tergolong baru.
Lebih Mudah Memperoleh Data Pelanggan
Di dalam sebuah bisnis, data pelanggan merupakan data yang penting. Melalui data tersebut pelanggan dapat meriset serta menganalisa perilaku konsumen supaya bisa menyajikan konten yang menarik ataupun menyusun strategi untuk mencapai tujuan. Namun, untuk memperoleh data pelanggan bukanlah hal yang mudah, karena data tersebut berupa privasi atau rahasia sehingga perlu melakukan izin serta kesediaan orang yang bersangkutan untuk memberikan informasi pribadi mereka.
Namun, jika melalui email marketing, anda akan sangat mudah untuk menemukan identitas pribadi pelanggan. Karena, anda dapat memanfaatkan fitur newsletter untuk mendapatkan alamat email dari pelanggan secara cuma-cuma.
Nah, sekarang sudah tahu kan, betapa pentingnya email marketing bagi brand bisnis anda. Dengan begitu, anda bisa menjangkau konsumen dengan target yang telah anda tentukan dan mendaptakan konsumen yang tepat serta mendapatkan kepercayaan dari mereka.
Demikian artikel yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita semua, terima kasih.
Posting Komentar untuk "MANFAAT EMAIL MARKETING"