Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MEMULAI BISNIS ONLINE BAGI PEMULA

Kita mencari ilmu dari siapapun dan dimanapun. Sama halnya dengan ilmu bisnis. Kita bisa mencari ilmu dari seseorang yang sudah ahli, maupun mempelajari sendiri dari internet. Siapapun bisa sukses memulai bisnis online ini, asalkan tau panduan serta trik yang tepat.

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari trik-trik yang harus diketahui oleh para pembisnis pemula. Dimulai dari menentukan produk maupun jasa yang akan dijual hingga memasarkan produk tersebut. 

 


 

1.     Menemukan Masalah di Pasar

Produk merupakan komponen yang sangat penting dalam dunia bisnis online. Dengan produk yang tepat dengan kebutuhan pasar saat ini, kemungkinan besar kita bisa untuk memenangkan pasar.

2.     Melakukan Riset Pasar

Mengapa kita perlu melakukan riset pasar ini? Cara ini salah satu hal terpenting untuk menentukan ide bisnis online kita. Kita juga membutuhkan data yang objektif guna fondasi bisnis online yang kuat. Jadi dengan kita melakukan riset pasar, maka kita bisa mendapatkan data-data tersebut. Dengan begitu kita bisa mengambil keputusan yang didasari oleh data-data yang objektif, sehingga bukan sekedar opini dan asumsi.

3.     Analisis Kompetitor

Untuk bisa mengalakan kompetitor yang lain, kita harus siap mempelajari trik dari mereka terlebih dahulu. Apa saja yang perlu dicari tau? Apa kelebihan mereka? Bagaimana cara mereka mendekati konsumen? Hingga apa kekurangan mereka? Dengan mengetahui itu semua, kita bisa membuat produk yang bisa bersaing dengan produk mereka.

4.     Mencari Model Bisnis

Selain ide produk yang perlu diutamakan, membuat model bisnis ini juga tak kalah penting. Kita perlu memilih model bisnis yang paling menguntungkan untuk ke depannya. Karena meki produk yang kita jual sama dengan yang lainnya, akan tetapi dengan adanya model bisnis ini bisa membuat bisnis kita tetap berbeda.

5.     Menentukan Target Pasar

Setelah melakukan riset pasar dan melakukan analisis kompetitor, kita harus menentuka target pasar untuk produk kita. Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan akan membeli produk yang kita tawarkan.

Dengan target pasar yang lebih spesifik, kita bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. Di samping itu juga bisa memudahkan kita dalam menyusun strategi.

6.     Menentukan Produk yang Tepat Untuk Situasi Pasar

      Setelah melakukan riset pasar, analisis pesaing, dan menentukan target pasar, sekarang yang harus Anda lakukan adalah memutuskan produk mana yang akan kita jual. Jadi, produk apa yang mungkin dapat kita jual secara online?

 

Pertanyaan ini hanya dapat dijawab berdasarkan data dari riset pasar, analisis pesaing, dan target pasar yang sudah kita lakukan strategi riset pasar. Kita harus memstikan bahwa produk yang kita buat sesuai dengan kebutuhan target pasar.

Berikut beberapa contoh produk yang bisa diperjualkan secara online:

      Produk fisik atau digital – Ponsel, furnitur, makanan ringan, perangkat medis, hadiah, ebook, atau perangkat lunak.\

      Layanan – Pemesanan tiket, pemesanan hotel, pengiriman barang, atau layanan pemasaran online.

 

Apapun pilihannya, produk atau jasa yang Anda tawarkan harus memiliki unique selling point (UPS) untuk dapat bersaing dengan kompetitor.

7.     Membuat Website

Memulai bisnis online belum lengkap kalau tidak mempunyai sebuah website untuk mempromosikan produk kita. Jika bisnis offline saja membutuhkan toko, maka bisnis online juga pasti membutuhkan toko. Akan tetapi definisi toko keduanya tidaklah sama. Nah toko yang sesuai untuk bisnis online ini salah satunya adalah webite. Mengapa harus website?

Karena menurut survey yang dilakukan oleh Verisign, orang akan lebih percaya kepada seorang owner jika owner tersebut memiliki sebuah website, daripada owner yang tidak memiliki website. Karena website ini juga bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

8.      Memasarkan Produk dengan Strategi yang Tepat

Kini saatnya memasarkan bisnis online yang telah kita bangun. Pemasaran bisnis online tidak bisa sembarangan. Kita memerlukan adanya strategi yang tepat untuk dapat memasarkan bisnis online kita ke target pasar yang tepat dengan pesan pemasaran yang tepat. Berikut adalah strategi pemasaran bisnis online yang bisa kita terapkan:

-         Melakukan Optimasi Seo

Agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan di Google, website bisnis online kita harus berada di halaman pertama hasi search engine. Kita harus bersaing dengan ribuan bahkan puluhan ribuwebsite lain untuk mendapatkan peringkat pertama di Google.

Lalu bagaimana caranya agar website kita muncul di halaman pertama hasil pencarian Google? Triknya adalah dengan optimasi SEO (Search Engine Optimation).

-         Memaksimalkan Media Sosial

Wajib bagi pemilik bisnis online untuk menggunakan media sosial sebagai saluran pemasaran. Menginat masyarakat Indonesia memang merupakan orang-orang yang aktif di jejaring sosial.

Oeh Karenna itu, salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis online kita adalah dengan cara memanfaatkan media sosial.

Namun, kita tidak bisa hanya menggunakan media sosial untuk bisnis online. Mengelola media sosial tanpa melakukan strategi seperti bekerja tanpa melakukan rencana. Tidak jelas target apa yang ingin mereka capai, siapa yang ingin mereka capai, dan masalah apa yang ingin mereka selesaikan. Menjalankan pemasaran media sosial tanpa strategi akan mendatangkan dampak negative pada bisnis kita. Oleh karena itu, langkah pertama dalam pemasaran media sosial adalah mengembangkan strategi.

9.     Mempertahankan Pelanggan Setia

Kita tinggal menargetkan untuk mendapatkan pelanggan baru. Tapi jangan lupa, pelanggan lama juga sama pentingnya untuk usaha kita.

Padahal, melakukan promosi untuk mendapatkan pelanggan baru lebih banyak mengeluarkan dana. Apalagi jika dibandingkan dengan mempertahankan atau merawat pelanggan lama kita. Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru bahkan bisa sampai 25 kali lipat dibandingkan dengan menjaga hubungan dengan pelanggan setia.

Jika kita fokus untuk mendorong transaksi dari pelanggan yang sudah ada menjadi hanya 5 persen, kita dapat meningkatkan keeuntungan kita dari 25 menjadi 95 peren. Menakjubkan, bukan?

Dedikasikan Dukungan Pelanggan kepada pelanggan. Sebuah penelitian menyebutkan “tidak dihargai” sebagai alasan pelanggan tidak mau membeli produk lagi. Meskipun akan ada saat-saat ketika produk atau layanan kita kurang baik. Ada juga saat-saat ketika pelanggan kita memiliki pertanyaan atau keluhan tentang merek tersebut.

Jika kita tidak bisa menangani keluhan pelanggan, bersiaplah untuk kehilangan pelanggan setia.  Oleh karena itu, kita harus berinvestasi dalam dukungan pelanggan untuk merek kita.

Membuat website tidak sesulit yang orang lain katakan. Kita juga tidak perlu menjadi seorang developer agar bisa memiliki website ini. Sekarang kita bisa loh mempunyai website sendiri tanpa mengetahui basic coding terlebih dahulu. Mau tau caranya? Hanya perlu mengunjungi serta pesan di ig kami @jasawebaplikasiponorogo

Tidak hanya pembuatan website, di sini kita juga hadir dengan penawaran-penawaran yang bisa dicoba. Seperti jasa web-aplikasi, advertising digital, terjemah bahasa asing, pembuatan aplikasi hotel, aplikasi android, dan website penjualan. Beberapa orang serta instansi telah membuktikan jasa yang kita tawarkan. Jadi, sudah terbukti mampu memberikan kepuasaan terhadap konsumen.

Posting Komentar untuk "MEMULAI BISNIS ONLINE BAGI PEMULA"