PENGERTIAN LANDING PAGE??
Apa itu Landing Page?
Saat ada pengunjung yang mampir ke website Anda, maka ada
dua pilihan yang ingin mereka lakukan. Pertama, mereka ingin sekedar
membaca-baca website Anda. Kedua, mereka ingin melakukan hal lebih. Disinilah
landing page mempunyai peranan yang penting.
Landing page menjadi suatu kesempatan yang sangat berharga guna
para pebisnis dalam mendapatkan informasi pengunjung. Dalam hal ini, para
pengunjung akan diminta guna bersedia
memasukan seperti data pribadinya, sebagai jenis kelamin, email, usia, kemudian
nomor telepon.
Selain itu, manfaat lain dari landing page merupakan agar dapat meningkatkan conversion
rate. Conversion rate yaitu suatu angka persentase yang menunjukkan bebrapa
jauh suatu website berada pesona para pengunjung dalam melakukan suatu
kegiatan.
Gerakan tersebut dapat bermacam, mulai dari membuat akun,
subscribe newsletter, sampai membuka suatu informasi promo. contohnya, Anda
mempunyai sebuah website e-commerce. Bila ada pengunjung yang langsung mengunjungi
halaman utama website Anda, maka kemungkinan besar mereka cuma mau
melihat-lihat saja.
Tapi, bila Anda mampu mengarahkan mereka ke landing page
secara langsung, maka Anda bisa meminta mereka guna mengisi seluruh informasi
data diri mereka, termasuk di dalamnya email. Jadi, walaupun mereka tidak
tertarik guna membeli produk di website Anda, Anda masih mempunyai peluang guna
menghubungi mereka via email.
Anda dapat mengirim bermacam informasi promo, update produk
terbaru, sampai penawaran istimewa lainnya. kemudian, Anda tidak bagi
kehilangan pengunjung secara sia-sia.
Landing page yakni suatu
hal yang menarik guna digunakan. Tapi, Anda tidak dapat menggunakannya secara
asal. Dengan beragam manfaat yang ada di dalamnya, mungkin Anda tertarik guna menentukan
banyak tujuan landing page sesuai kebutuhan Anda.
Manfaat Landing Page
Berdasarkan penjelasan lengkap di atas, dapat kita tarik
kesimpulan bahwa landing page merupakan suatu komponen yang berperan penting dalam
kesuksesan suatu kegiatan marketing.
Selain berbagai hal yang sudah kita bahas bersama di atas,
ada sejumlah fungsi lain dari landing page yang harus Anda ketahui. Apa saja?
Berikut ini uraian lengkapnya.
1. Media Promosi
fungsi yang pertama dari landing page adalah sebagai media promosi
yang efektif. Dengan landing page, Anda dapat menampilkan berbagai informasi
singkat dengan font yang besar terkait promosi maupun kampanye marketing yang
sedang Anda jalankan bersama tim.
meskipun Anda sedang mempunyai berbagai jenis promosi, tapi
Anda cuma perlu menonjolkan salah satu promosi saja di dalam halaman landing
page Anda.
2. Meningkatkan Conversion Rate
Selain dapat digunakan seperti media promosi, fungsi lain
dari landing page adalah agar dapat meningkatkan persentase conversion rate
Anda. kemudian, para pengunjung tidak cuma mengunjungi situs Anda saja.
Selain itu, mereka juga dapat melakukan suatu aksi yang Anda
mau, sebagai dengan berlangganan newsletter atau membuat akun di dalam website
Anda. Dilansir dari laman resmi Crazy Egg, conversion
rate yang tinggi mampu meningkatkan minat pengunjung guna masuk ke
marketing funnel yang lebih dalam.
3. Mendapat Data Leads
Manfaat yang ketiga dari memiliki landing page adalah mampu
mendapatkan data leads. meskipun ini tergantung dengan jenis landing page yang
Anda manfaatkan, tapi umumnya landing page akan meminta informasi dari para
pengunjung, sebagai email, nama, jenis kelamin, dll.
Minimal, Anda sudah memperoleh informasi dasar tentang para
pengunjung tersebut agar dapat Anda ulasan lebih dalam.
Contoh Landing Page Efektif
1. Airbnb
Airbnb merupakan salah satu atribune yang bergerak pada
persewaan properti. Perusahaan startup ini melakukan kerjasama antara para
pemilik properti dengan mereka yang tertarik guna dapat memfungsikan properti
tersebut.
jumlah waktu yang habis, Airbnb pun turut melakukan
penyebarluasan layanan. Mereka membuka layanan wisata yang dapat diatur dengan
airbnb. Mulai dari tur kuliner, touring, kelas memasak, kemudian pengalaman
wisata yang bisa memberikan efek sosial. semua hal tersebut dapat diatur
menggunakan Airbnb.
Nah, gambar diatas adalah landing page guna pihak partner
Airbnb. Di bagian sisinya Anda dapat mengecek perkiraan uang yang bisa mendapatkan
dengan menyewa properti Anda.
Tips membuat landing page Seperti Airbnb:
Tampilkan foto interaksi antar manusia saat Anda meminta
para pengunjung guna bergabung ke program yang sedang Anda tawarkan.
Objek harus ditempatkan di sisi kiri dan cuma menjadi fokus
pengguna. guna itu, sebelumnya Anda harus membuat poin yang ingin Anda
tampilkan di bisnis Anda.
Buatlah hanya formulir dengan baris yang singkat.
2. Neil Patel
Seluruh besar dari kita pasti sudah kenal dengan Neil Patel.
anda yakni penulis dan praktisi pemasaran yang mempunyai pengaruh besar di
dunia. The Wall Street Journal mengucapkan di dalam barisan influencer
marketing, terutama dalam bidang website.
Entrepreneur Magazine memasukan perusahaan memilik Neil
Patel ke dalam daftar 100 perusahaan paling pintar. Dirinya selalu sempat
disebut sebagai 100 pengusaha sukses yang berada di usia 30 tahun oleh Presiden
AS Barack Obama.
Di dalam website resminya, Neil patel mampu menyajikan bermacam
tools guna kegiatan marketing.biasanya, semua tools yang digunakan guna
melakukan optimasi kinerja website.
Neil Patel mempunyai landing page jenis led generation.
Dirinya mengajak setiap pengunjung gua bersedia mengisi kolom email yang sudah disediakan.
Lalu, email tersebut nantinya difungsikan guna berbagai insight dan selalu tips
dari Neil Patel.
Tips Membuat Landing Page Ala Neil Patel
Buatlah landing page dengan ilustrasi desain gambar yang
menarik simple dan mampu meningkatkan rasa partisipasi dari para pengunjung.
Game maupun permainan sebagai lucky wheel mampu meningkatkan rasa cepat bagi
para pengunjung guna segera mengikuti tawaran yang Anda berikan.
Selajutnya itu buatkan headline yang singkat, padat dan
jelas. Lampirkan juga sebagai keterangan penting di bawah dan URL ke halaman
privacy policy dan term of service. Keduanya sangat penting, biasanya jika audiens Anda berasal dari seluruh dunia.
3. Uniqlo
Uniqlo yakni salah satu clothing brand bertingkat
internasional yang sangat disukai oleh generasi milenial. Mereka terkenal
dengan pakaian yang sederhana, bersih, versatile, dan sangat pas guna laki-laki
dan juga perempuan.
Tingkat popularitas brand dari Jepang ini mulai merambah ke
beberapa negara, sebagai Kanada, Cina, Jerman, Bangladesh, India, Indonesia,
dan ke 17 negara lain.
Uniqlo selalu membuat landing page yang bernuansa simpel.
Mereka juga menyiapkan latar putih dan logo pada elemen atasnya. Lalu, ada juga
ajakan guna mengisi kolom email. Dari hal tersebut, mereka mendapatkan data
yang kemudian akan mengirim email berbentuk berita ataupun promosi produk pada
pengunjung.
Tips Membuat Landing Page Sebagai Uniqlo
Cobalah guna menyesuaikan landing page dengan branding
bisnis Anda. tempatkan logo brand jika desain landing page Anda sederhana.
Minimal, logo tersebut bagi membuat tampilannya lebih mudah diingat oleh para
audiens.
Lalu, berikan juga opsi promosi guna para audiens agar
mereka akan mendapatkan informasi yang mereka inginkan saja.
Posting Komentar untuk "PENGERTIAN LANDING PAGE??"