PROMOSI EFEKTIF MELALUI SOSIAL MEDIA
Promosi efektif melalui media sosial. Saat ini media sosial sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dalam kehidupan manusia. Karena dengan adanya sosial media dapat memudahkan aktifitas manusia dalam melakukan suatu hal, contohnya saja dalam berkomunikasi, mencari informasi, serta mencari pekerjaan dapat di cari di media sosial.
Khususnya bagi pelaku usaha atau bisnis tentu tidak dapat terpisahkan dari yang namanya sosial media. Yang pasti bukan untuk bermain-main di media sosial, namun untuk mencari peluang dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah. Karena dengan media sosial tersebut dapat digunakan sebagai wadah atau tempat untuk promosi atau melakukan pemasaran produk atau jasa yang dijual.
Di dalam sebuah bisnis atau usaha pasti ada yang namanya strategi atau trik dalam berpromosi bukan? Tentu, kenapa? karena promosi atau memasarkan produk atau jasa bertujuan untuk mengenalkan produk atau jasa yang dijual supaya dapat menarik perhatian konsumen. Ketika akan melakukan promosi pahami bagaimana tingkat keberhasilan promosi tersebut, dengan melihat trafik yang masuk di dalam promosi yang dilakukan di media sosial. Dengan adanya data trafik tersebut kita dapat melakukan evaluasi seberapa tingkat keberhasilan promosi di media sosial, sehingga dapat dilakukan perubahan bagaimana supaya lebih efektif serta efisien.
Berikut ini ada beberapa jenis trafik yang bisa datang ke akun bisnis kita, di saat kita sedang melakukan promosi maupun kampain di media sosial :
- Trafik yang tidak bisa dikontrol atau trafik cuma-cuma. Trafik ini menjelaskan tentang pengunjung yang datang dengan sendirinya atau bisa disebut suka rela. Hal tersebut biasa dan sering terjadi karena konten promosi yang dibuat bermanfaat atau sangat dibutuhkan oleh khalayak ramai, sehingga banyak yang berkunjung. Sebagai pelaku usaha maupun bisnis ada baiknya belajar mengenai membuat konten promosi yang bermanfaat dan pastinya dapat menarik minat pengunjung.
- Trafik yang dapat dikontrol atau trafik berbayar. Trafik berbayar merupakan trafik dari hasil melakukan iklan di dalam media sosial, dan hasilnya sesuai yang ditargetkan, seperti usia, jenis kelamin, domisili, dan sebagianya. Apakah anda pernah melihat konten atau postingan yang muncul dalam beranda Instagram atau facebook, padahal kita tidak pernah mengikuti akun tersebut?Pada umumnya ada keterangan bersponsor pada iklan tersebut, nah itu merupakan salah satu contoh model promosi berbayar. Layanan berbayar tersebut dapat anda dapatkan melalui facebook ads, google ads, Instagram ads, dan platform media sosial lainnya yang memiliki fitur jasa iklan.
- Trafik milik sendiri atau organic trafik. Semua pelaku di dalam usaha atau bisnis digital marketing pasti menginginkan sesuatu kemampuan dalam mendatangkan trafik organik. Karena, trafik milik sendiri merupakan trafik yang bisa dibilang sangat efektif dan efisien, di mana pengunjung yang dapat melihat merupakan mereka pengikut atau followers media sosial kita.
Di saat akun media sosial kita banyak followers, contoh saja di Instagram, maka Ketika kita bikin konten promosi akan ada yang berniatan atau suka rela memberi respon seperti like atau membagikan konten. Dan pastinya ada yang sudah menjadi pelanggan dan selalu menantikan konten promosi terbaru dari produk kita.
Untuk memperoleh trafik organic maka sangat diperlukan keseriusan dalam mengoperasikan sosial media yang kita gunakan dengan tujuan untuk membangun serta mengembangkan bisnis. Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi, memperoleh trafik organic ialah salah satu trik promosi di media sosial yang efektif serta efisien dan yang paling penting.
Di bawah ini ada beberapa strategi promosi media sosial yang efektif serta efisien:
1. Siapkan konten serta mengatur jadwal postingan supaya tetap produktif, contoh memposting konten satu dalam satu minggunya atau 5 sampai 7 dalam satu bulannya. Menyiapkan konten untuk minggu berikutnya supaya akun media sosial tersebut tetap aktif mengunggah postingan konten.
2. Perlu diperhatikan, jika melakukan promosi jangan berlebihan apalagi dalam melakukan penjualan secara langsung melalui media sosial. Konten tidak menarik jika hanya di isi dengan foto atau video produk, maka jangan sampai posting produk secara berlebihan, karena akan membuat pengunjung atau followers mudah bosan dengan postingan tersebut.
3. Memberikan respons dengan cepat secara berkala kepada pengunjung yang bertanya, dan gunakan bahasa yang baik, sopan dan produktif serta dapat membangun kedekatan dalam berkomunikasi kepada pengunjung tersebut.
4. Membuat konten yang memberikan informasi lengkap serta menarik dan berharga, misal informasi tips atau cara dan informasi lainnya yang berkaitan dengan produk dan sekiranya banyak diminati oleh pengunjung atau followers.
5. Dorong pengunjung supaya terlibat dengan kita dengan mengadakan giveaway misalnya. Pada umumnya, kebanyakan yang mengadakan giveaway menggunakan syarat memfollow dan menglike postingan. Dengan modal giveaway tersebut dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang berinteraksi.
6. Membagikan konten video atau foto yang unik dan sedang viral, yang dapat menarik pengunjung dan menghibur, namun yang perlu diperhatikan ialah tetap melibatkan atau tidak melenceng terlalu jauh dari tujuan bisnis yang dijalankan tersebut.
7. Membangun atau bergabung komunitas yang dapat mempengaruhi pengunjung supaya menjadi followers, karena biasanya followers tersebut bisa saja menjadi pelanggan, dan pelanggan tersebut bisa menjadi pelanggan yang loyal, yang nantinya akan berdampak untuk menjadi pemasar atau yang menawarkan secara suka rela produk kita.
Di atas tadi merupakan beberapa strategi dalam memasarkan atau promosi di media sosial. Setiap pelaku usaha maupun bisnis pasti tidak ingin ketinggalan zaman, dan yang paling penting dalam memasarkan produk. Walaupun telah terjadi pergeseran dari cara belanja atau apapaun, itu harus di ikuti supaya tidak ketinggalan zaman. Tidak hanya membeli dan membuka di platform online shoop atau bergabung di marketplace serta membuka website sendiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan hadir di media sosial dan menyapa pengunjung, menyapa masyarakat pasar online. Dengan begitu, maka akan dengan mudah mendapatkan segala informasi mengenai produk itu sendiri, serta mendapat kedekatan, dan hingga akhirnya terjadi pembelian produk, bisa juga jika ia menjadi pemasar gratis bagi akun bisnis kita, selama kita dapat mengelola dan mengembangkan konten jadi lebih baik serta followers jadi lebih banyak. Karena, jika semakin sering dan banyak promosi di media sosial dan menyebarkan, maka akan semakin besar pula peluang yang di dapat dalam menjaring konsumen yang potensial.
Demikian pembahasan yang dapat saya sampaikan mengenai promosi efektif melalui media sosial. Semoga pembahasan di atas bisa jadi acuan atau tolak ukur bagi pelaku yang ingin mengembangkan bisnisnya. Sampai disini dulu pembahasan kali ini, semoga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kita semua. Selamat mencoba serta terus belajar jangan menyerah, dan jadilah yang terbaik, terima kasih.
Posting Komentar untuk "PROMOSI EFEKTIF MELALUI SOSIAL MEDIA"