MENGENAL DESAIN GRAFIS
pengertian grafis,macam macam grafis
Pengertian grafis
Pengertian grafis merupakan secara umum : desain visual pada
permukaan suatu benda, misalkan dinding, kanvas, kertas, guna memberi sebuah
informasi maupun sebuah gambaran,
misalnya grafis : foto, gambar, Seni garis, grafik, diagram,
tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, maupun gambar
lainnya.
Sedangkan grafis computer merupakan setiap media gambar, kebanyakan
film dan gambar, yang dibuat melalui penggunaan perangkat keras dan perangkat
lunak.
Sering disebut sebagai citra yang dihasilkan komputer; lebih
dikenal seperti CGI.
Grafis dapat fungsional atau artistik. Grafis juga dapat berbentuk
versi rekaman, seperti foto, maupun interpretasi oleh seorang ilmuwan guna menyoroti
fitur-fitur penting, atau seorang seniman.
Pengertian grafis 2D dan 3D
Grafis komputer bisa berupa dua maupun tiga dimensi.
Komputer seri dulu hanya mendukung grafis monokrom 2D, yang berarti hitam dan
putih (ataupun hitam dan hijau, tergantung pada monitor).
Akhirnya, komputer mulai mendukung gambar berwarna.
Sementara mesin komputer pertama cuma mendukung 16 maupun 256 warna,
sebagian besar komputer sekarang bisa menampilkan grafis
dalam jutaan warna.
Pengertian grafis 2D
Ada dua jenis - raster dan vektor. Grafis raster yaitu yang
paling umum dan digunakan guna foto digital, grafis Web, ikon, dan jenis gambar
lainnya.
grafis raster terdiri dari grid sederhana piksel, yang
masing-masing dapat menjadi warna yang berbeda.
Grafis vektor, di sisi lain terdiri dari jalur, yang mungkin
berbentuk garis,, huruf, atau objek
skalabel lainnya.
Grafis vektor sering digunakan guna membuat logo, dan macam
gambar lainnya. Tidak seperti grafik raster, grafik vektor bisa diskalakan
ke ukuran yang lebih besar tanpa berkurang kualitasnya.
Pengertian grafis 3D
Mulai menjadi populer pada 1990-an, bersama dengan perangkat
lunak rendering 3D sebagai CAD dan program animasi 3D.
Pada tahun 2000, banyak video game mulai menggabungkan
grafik 3D, karena komputer mempunyai kekuatan pemrosesan yang cukup guna
mendukungnya.
Sekarang biasanya komputer dilengkapi dengan 3D video
card yang mengatur semua pemrosesan
3D.
Pengertian grafis berbasis bitmap dan vektor
Pengertian grafis berbasis bitmap
Dasar pendirian grafis berbasis bitmap (atau raster)
disimpan dengan serangkaian titik kecil yang disebut piksel. Setiap pixel
sebenarnya adalah kotak yang sangat kecil yang diberi warna, sehingga disusun
dalam pola guna membentuk gambar.
Saat Anda memperbesar gambar berbasis bitmap, maka akan
terlihat masing-masing piksel yang mendirikan gambar tersebut.
Grafik bitmap bisa diedit dengan menghapus maupun mengubah
warna piksel individual menggunakan program seperti Adobe Photoshop.
Pengertian grafis berbasis vektor
Tidak sebagai grafis bitmaps, gambar vektor tidak
didasarkan pada pola piksel, namun menggunakan rumus matematika guna menggambar
garis dan kurva yang bisa dikombinasikan untuk membuat gambar dari objek
geometris seperti lingkaran dan poligon.
Gambar vektor diedit dengan memanipulasi garis dan kurva
yang mendirikan gambar menggunakan program seperti Adobe Illustrator
ataupun corel drow.
keunggulan dan kekurangan dari grafis berbasis vektor dan
bitmap
Gambar vektor mempunyai sejumlah keunggulan penting
dibandingkan gambar bitmap.
Gambar vektor berukuran miring lebih kecil daripada gambar
bitmap. Itu karena gambar bitmap harus menyimpan informasi warna guna setiap
piksel individual yang membentuk gambar.
Ketika menggunakan program grafis bitmap Anda membuat
gambar dan itu akan menyerupai dengan mencelupkan kuas pada cat dan lukisan.
Anda bisa mencampurkan warna guna memperhalus transisi dari satu warna ke warna
lainnya.
Ketika menggunakan program grafis vektor Anda
menggambar garis berupa: dan itu serupa dengan membuat gambar dengan ubin dari
semua berupa dan ukuran yang berbeda.
misalnya bentuk mata, bentuk hidung, bentuk bibir. Bentuk-bentuk ini disebut objek menampilkan satu warna tunggal sendiri-sendiri
Fungsi grafis
Apakah fungsi dari grafis ? mungkin sebagian besar hanya
akan berpikir bila sebuah grafis hanya guna seni saja, tapi sebenarnya tidak
hanya itu
Grafis yaitu elemen visual yang sering digunakan untuk
mengarahkan pembaca dan penonton ke informasi tertentu
Grafis juga digunakan untuk melengkapi teks dalam upaya guna
membantu pembaca dalam pemahaman mereka tentang konsep tertentu atau membuat
konsep lebih jelas dan menarik
Majalah-majalah populer, sebagai TIME, Wired dan Newsweek, umumnya
memuat materi grafis dalam jumlah besar guna memikat pembaca, tidak seperti
mayoritas jurnal ilmiah.
Dalam komputasi, grafis digunakan untuk membuat antarmuka
grafis untuk pengguna; dan grafis yakni salah satu dari lima elemen kunci dari
teknologi
Fungsi grafis dari berbagai kepentingan :
Bisnis
Grafik umumnya digunakan dalam bisnis dan ekonomi untuk
membuat grafik dan tabel keuangan. Istilah Grafik Bisnis mulai digunakan pada
akhir 1970-an, ketika komputer pribadi menjadi memenuhi menggambar grafik dan
grafik daripada menggunakan format tabular. Grafik Bisnis bisa digunakan untuk menyoroti perubahan selama
jangka waktu tertentu
Iklan
Periklanan yakni salah satu penggunaan grafis yang paling
menguntungkan; seniman sering melakukan pekerjaan periklanan maupun mempertimbangkan
potensi periklanan sementara membuat karya seni,
guna meningkatkan peluang menjual karya seni.
Yang paling penting, grafis memberikan tampilan yang bagus guna
karya seni setiap kali diterapkan.
Grafik berkontribusi pada pandangan umum dari karya seni
yang dirancang, ini pada gilirannya meminta masyarakat yang tertarik untuk
melihat karya seni ataupun membelinya.
Karya grafis apa pun (terutama iklan) maupun karya seni apa
pun yang desainnya buruk tidak akan memikat audiens.
Oleh karena itu, untuk iklan yang bisa menarik dan
meyakinkan pembaca atau pemirsa, harus dirancang dengan baik dengan alat grafis
yang diperlukan, kemudian membawa keuntungan kepada desainer atau pengiklan
Pendidikan
Grafis sangat banyak digunakan dalam buku teks, terutama
yang menyangkut mata pelajaran sebagai geografi, sains, dan matematika, guna
menggambarkan teori dan konsep, seperti anatomi manusia.
Diagram juga digunakan untuk melabeli foto dan gambar.
Animasi pendidikan merupakan bidang grafik yang penting.
Grafis animasi mempunyai keunggulan nyata dibandingkan
grafik statis saat menjelaskan materi yang berubah dari waktu ke waktu.
The Oxford Illustrated Dictionary menggunakan grafik dan
ilustrasi teknis guna membuat bahan diskusi
lebih memikat dan mudah dimengerti.
Dalam ensiklopedia, grafik digunakan untuk mengilustrasikan
konsep dan menunjukkan misal dari topik tertentu yang sedang dibahas.
Agar grafik berfungsi secara efektif sebagai bantuan
pendidikan, pelajar harus bisa menafsirkannya dengan benar. Kapasitas
interpretatif ini yaitu salah satu aspek dari grafis.
Film dan animasi
Skill dan Kualifikasi Graphic Designer
1. Kreativitas
Menurut monster, salah satu unsur penting guna berkarier di bidang
desain grafis yakni kreativitas
yang tinggi.
Kamu akan dihadapkan oleh banyak proyek dengan tema dan gaya yang berbeda kemudian kamu harus membedakan setiap proyek.
Jangan lupa guna mencari banyak sumber seperti sarana inspirasi.
Kreativitas bisa diasah dengan rajin melihat referensi agar
mata terlatih melihat karya-karya yang menginspirasi.
Posting Komentar untuk "MENGENAL DESAIN GRAFIS"