Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SHOPEE DI INDONESIA

Apakah kamu pengguna setia marketplace Shopee? Jika iya, tahukah kamu sejarah Shopee di Indonesia? Bagi yang belum tahu, Shopee Indonesia merupakan salah satu marketplace yang hadir di Tanah Air. Masuk ke Indonesia sejak tahun 2015, kesuksesan Shopee memang tidak bisa dipungkiri.

Sejak tahun 2015 hingga sekarang, pengguna Shopee baik penjual maupun pembeli terus meningkat. Bahkan, total unduhan aplikasi Shopee di Play Store mencapai 50 juta. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa Shopee merupakan salah satu marketplace yang disukai oleh warga +62.

 


 

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SHOPEE DI INDONESIA

Untuk di Asia sendiri, Shopee telah berdiri sejak tahun 2015 di 7 wilayah berbeda. Untuk di Indonesia sendiri sejarah berdirinya Shopee dimulai pada Desember 2015. Saat ini, Shopee dikelola oleh SEA Group yang merupakan perusahaan di bawah pimpinan Forrest Li.

Shopee didirikan dengan tujuan untuk menyediakan platform yang dapat digunakan oleh penjual dan pembeli dari berbagai belahan Asia Tenggara untuk mencapai dunia yang lebih baik melalui kekuatan transformatif Teknologi. Tujuan Shopee juga untuk menawarkan pengalaman berbelanja dan berjualan online dengan berbagai pilihan produk, layanan pemenuhan yang mudah digunakan dari berbagai komunitas sosial.

Pada Desember 2015, Shopee sukses menggelar Universitas Shopee di Taiwan, disusul Universitas Shopee Indonesia. Berkat sesi Universitas Shopee yang diadakan, penjual Shopee di seluruh wilayah berhasil mendapatkan manfaat yang bermanfaat.

Di Indonesia sendiri, pamor Shopee mampu bersaing dengan marketplace lain di Indonesia. Dengan fitur-fitur menarik, program gratis ongkos kirim, dan pilihan produk yang beragam, banyak masyarakat Indonesia yang betah berjualan dan berbelanja di Shopee.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada Desember 2015, Shopee diluncurkan di 7 negara Asia, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina. Pada tahun 2019, Shopee melebarkan sayapnya ke Brasil dan menjadikan Brasil sebagai negara pertama di Amerika Selatan dan di luar Asia yang dapat mengakses Shopee.

SIAPA CEO SHOPEE INDONESIA?

Masyarakat Indonesia kerap menerima SMS penipuan yang mengatasnamakan CEO Shopee. Ada yang menyebut CEO Shopee adalah Edi Hermawan, Setyo Wijoyo, dan nama lainnya. Hal ini tentu sangat membingungkan dan membuat orang bertanya-tanya, lalu siapakah pemilik Shopee yang sebenarnya?

CEO Shopee yang sebenarnya adalah Chris Feng, seorang pengusaha muda dari Singapura. Pria ini adalah orang pertama yang memulai marketplace Shopee. Chris Feng dulunya adalah seorang penggiat Rocket Internet yang pernah menjadi kepala marketplace Zalora yang bergerak di bidang fashion dan marketplace Lazada.

Pria berdarah Singapura ini adalah sosok di balik kesuksesan Shopee. Shopee didirikan oleh Feng dengan visi dan misi Shopee yang ingin menyatukan penjual dan pembeli dari komunitas sosial yang berbeda ke dalam satu platform Shopee Indonesia.

Sebagai perusahaan marketplace yang begitu terkenal atau ternama di Indonesia, Shopee Indonesia juga memiliki visi dan misi seperti perusahaan pada umumnya. Visi Shopee Indonesia adalah menjadi mobile marketplace nomor 1 (satu) di Indonesia. Dengan visi tersebut, Shopee tidak akan pernah berhenti memberikan penawaran dan fasilitas yang dapat dinikmati terus menerus oleh para penggunanya.

 

Selanjutnya untuk misi Shopee sendiri adalah mengembangkan kewirausahaan bagi para seller di Indonesia. Dengan hadirnya Shopee di Indonesia, pemilik UMKM di Indonesia juga semakin sejahtera karena memasarkan produknya menjadi lebih mudah.

FITUR-FITUR SHOPEE

Perkembangan Shopee bisa dibilang sangat pesat dibandingkan dengan perkembangan marketplace lainnya yang ada di Indonesia. Perkembangan ini tentu saja dipengaruhi oleh beberapa fitur canggih yang disediakan oleh Shopee dan bisa kamu nikmati. Karena fitur inilah Shopee menjadi lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia, sehingga beberapa dari mereka telah menulis makalah tentang Shopee sebagai bentuk dedikasi.

Shopee mungkin tidak bisa disebut sebagai marketplace yang sukses di Indonesia jika tidak memiliki fitur yang menarik. Fitur-fitur Shopee banyak memberikan kontribusi bagi penggunanya, baik penjual maupun pembeli.

Lantas, apa saja fitur di Shopee yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya?

o   Gratis Ongkir

Sejak pertama kali hadir di Indonesia, Shopee tak henti-hentinya menggembar-gemborkan fitur gratis ongkos kirim yang diberikan. Hal ini juga menjadi salah satu nilai plus bagi Shopee, sehingga banyak orang lebih memilih untuk melakukan transaksi jual beli online di Shopee.

Sebagai penjual, kamu dapat mendaftarkan toko kamu dalam program gratis ongkos kirim Shopee agar semakin banyak pelanggan yang ingin berbelanja di toko kamu. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu memenuhi beberapa ketentuan yang berlaku dan dengan begitu pengiriman gratis ongkir dapat digunakan di toko kamu.

o   COD

Fitur selanjutnya yang bisa kamu jajal yaitu fitur Cash On Delivery atau biasa dikenal dengan singkatan COD. Di Indonesia sendiri sebenarnya banyak marketplace yang menggunakan fitur ini, namun Shopee menyediakan layanan COD yang terkadang disertai dengan gratis ongkos kirim. Untuk menggunakan fitur ini, pembeli dapat memilih metode pembayaran COD dan pesanan akan dibayarkan saat kurir tiba di tempat tujuan.

o   Cashback dan Voucher Berlimpah

Fitur ini merupakan fitur yang disediakan oleh Shopee yang dapat dinikmati oleh pembeli. Sebagai penjual, kamu juga bisa lho memasang fitur ini di toko kamu. Tujuannya tak lain agar toko kamu semakin ramai dan penjualan kamu akan meningkat.

o   Shopee Koin dan Shopee Pay Untuk Panen Bonus

Saat berbelanja di Shopee, kamu akan mendapatkan banyak promo jika menggunakan metode pembayaran Shopee Pay. Kamu juga bisa mendapatkan cashback berupa koin Shopee yang bisa kamu gunakan sebagai diskon untuk pembelian selanjutnya.

o   Shopee Game

Di Shopee bukan hanya bisa mengeluarkan uang lho, tapi kamu juga bisa mendapatkan bonus atau uang banyak jika mengikuti Game Shopee yang tersedia di Shopee. Fitur ini tentu saja membuat pengguna Shopee semakin betah di dalam aplikasi Shopee.

Ada juga banyak game berhadiah yang diberikan di Shopee, seperti Shopee Tanam, Shopee Candy, Shopee Throw, dan masih banyak lagi. Nah, dari game-game tersebut, jika kamu beruntung, kamu akan mendapatkan berbagai hadiah mulai dari beras 1 Kg, uang tunai, voucher belanja, koin Shopee, voucher cashback, dan lain sebagainya!

Banyak banget kan fitur Shopee yang bisa kamu nikmati? Nah, bagi kamu yang ingin berjualan di Shopee bisa langsung mendaftar melalui seller center Shopee Indonesia atau langsung buka toko melalui aplikasi Shopee kamu. Jika kamu sudah mendaftar, pastikan kamu juga banyak belajar tentang strategi sukses Shopee agar penjualan kamu tidak sepi pengunjung dan banyak yang melirik produk kamu.

 

 

 

Posting Komentar untuk "SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SHOPEE DI INDONESIA"