Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEJARAH SINGKAT DAN FITUR TOKOPEDIA

Tokopedia merupakan marketplace pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Sebagai pionir marketplace di Indonesia, Tokopedia telah menginspirasi marketplace dan e-commerce lainnya, lho. Seperti yang kamu ketahui, semakin banyak marketplace/e-commerce yang bermunculan di Indonesia turut meramaikan perkembangan pasar digital, bukan?

 


 

SEJARAH SINGKAT TOKOPEDIA

Pada 17 Agustus 2009, nama perusahaan Tokopedia resmi muncul di Indonesia. Jika kamu bertanya-tanya di negara mana Tokopedia berada, maka jawabannya adalah, Tokopedia sejak awal melebarkan sayapnya di Indonesia dan menjadi salah satu pionir marketplace terbaik di Indonesia yang akhirnya mendapatkan tanda startup Unicorn.

Tokopedia menyatakan bahwa bisnisnya berbentuk marketplace yang bertujuan untuk mempertemukan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli secara online. Tokopedia tidak hanya B2C, tetapi juga C2C. Terbukti dari jenis platform yang memudahkan penjual dan pembeli dalam hal transaksi online.

Meski hanya membutuhkan waktu 12 menit sejak diluncurkan, Tokopedia mendapatkan pesanan pertamanya, namun pada tahun 2009, Tokopedia hanya memiliki 4 karyawan termasuk 2 pendiri dan mereka bekerja dari rumah karena tidak memiliki kantor resmi. Namun seiring berjalannya waktu, bantuan modal yang diberikan oleh PT. Dwitama yang menjadikan modal awal dan pada akhirnya membuat nama Tokopedia terkenal hingga saat ini.

Saat pertama kali muncul, Tokopedia bisa dikatakan berkembang sangat pesat, bahkan mendapat penghargaan E-commerce Startup Business terbaik di Indonesia dari Bubu Award. Selain itu, perjalanan Tokopedia dibarengi dengan penghargaan lain yang diterimanya seperti Marketeers of the Year 2014 dari Markplus Conference 2015 dan Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016.

Pada tahun 2018, aplikasi Tokopedia bahkan berhasil menjadi aplikasi seluler terpopuler versi Apple Store, mengalahkan WhatsApp, Instagram, dan Facebook.

Apa alasan Tokopedia bisa begitu terkenal dan dipercaya masyarakat? Yang jelas kemudahan listing Tokopedia, fitur-fitur yang ada di Tokopedia, web dan aplikasi Tokopedia, serta promosi Tokopedia yang mampu menjangkau semua kalangan. Contohnya, Tokopedia bekerjasama dengan band-band Korea (K-Pop) seperti BTS dan Blackpink untuk menarik perhatian pembeli yang cinta dengan budaya musik Korea.

APA SAJA FITUR YANG DISEDIAKAN TOKOPEDIA?

Ada banyak fitur yang ada pada Tokopedia. Dan tentunya kamu harus mengetahuinya dengan begitu kamu bisa menggunaka layanan fitur yang ada di Tokopedia:

1.     Jual Beli

Fitur Tokopedia pasti termasuk yang satu ini; jual dan beli. Jika kamu berniat untuk berjualan di Tokopedia, maka kamu hanya perlu login ke Penjual Tokopedia atau aplikasi resmi Tokopedia yang dapat diunduh dengan mudah melalui Play Store dan App Store. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang disediakan oleh Tokopedia untuk membuat toko online baru dan mulai mengunggah produk jualan.

Begitu juga dengan pembeli yang ingin berbelanja di Tokopedia. Pembeli hanya perlu melakukan login akun Tokopedia dan mulai mencari produk yang diinginkan. Namun, mereka juga harus memasukkan informasi penting terkait nomor ponsel, alamat, dan lainnya.

2.     Top Up Pulsa dan Bayar Tagihan

Di Tokopedia tersedia berbagai metode pembayaran untuk pembelian pulsa dan pembayaran tagihan, sehingga memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi tersebut. Begitu juga dengan kamu sebagai penjual, kamu juga dapat mengaktifkan metode pembayaran OVO, Kartu Kredit BCA, BCA Klikpay, KlikBCA, BCA Virtual Account, Mandiri Clickpay, Mandiri e-Cash, BRI e-Pay, BRI Virtual Account, Alfagroup, Indomaret, dan Pos. Indonesia.

3.     Cicilan 0%

Tokopedia menyediakan pembayaran cicilan 0%, khusus untuk pemegang kartu kredit berlogo Visa & Mastercard.

4.     Cicilan  Tanpa Kartu Kredit

Selain cicilan 0%, Tokopedia juga menyediakan fitur cicilan tanpa kartu kredit yaitu metode pembayaran yang memberikan kemudahan kepada pembeli berupa pembayaran melalui situs atau aplikasi yang disediakan oleh Mitra Tokopedia. Jadi, sebagai pembeli, kamu bisa membayar suatu produk secara mencicil tanpa menggunakan kartu kredit.

5.     COD

Fitur COD alias Cash on Delivery dari Tokopedia merupakan fitur yang memudahkan Anda sebagai penjual atau pembeli untuk melakukan transaksi jual beli tanpa harus membayar melalui uang digital, melainkan membayar langsung saat produk sampai di tempat pembeli.

Namun pembeli harus melakukan pembelian grosir Rp 50.000 dan maksimal pembelian Rp 2.500.000 untuk dapat menggunakan fitur COD Tokopedia.

Syarat dan ketentuan penggunaan fitur COD Tokopedia:

o   Mitra Tokopedia bertanggung jawab untuk pengecekan fisik barang bersama dengan kurir mitra pada saat barang diterima.

o   Mitra Tokopedia berhak menolak menerima barang fisik yang diterima dalam keadaan rusak atau tidak sesuai dengan pesanan karena kesalahan mitra.

o   Mitra Tokopedia wajib melakukan pembayaran sesuai tagihan yang tertera pada delivery order yang diberikan oleh kurir mitra.

o   Mitra Tokopedia tidak dapat melakukan komplain jika telah melakukan pembayaran dan menandatangani nota yang dibawa oleh kurir mitra.

o   Untuk pengguna baru, transaksi pertama hingga transaksi ketiga tidak dikenakan biaya tambahan. Namun, transaksi selanjutnya akan dikenakan biaya sebesar 2% dari total transaksi.

o   Satu rekening pembeli hanya dapat melakukan transaksi menggunakan fitur COD maksimal 5 kali dalam seminggu dengan frekuensi maksimal 2 kali transaksi dalam sehari.

6.     Bebas Ongkir (Skema Baru)

Terhitung sejak 14 Juni 2021, Tokopedia resmi mengumumkan bahwa semua toko online dapat mengaktifkan fitur Tokopedia Gratis Ongkir dengan ketentuan hanya berlaku bagi pembeli yang berbelanja di toko online berstatus Power Merchant PRO, Power Merchant, dan Official Store.

Ketentuan gratis ongkir dengan skema terbaru adalah:

o   Minimum transaksi Rp 50.000 akan mendapatkan promo gratis ongkos kirim hingga Rp 20.000 untuk pengiriman intra pulau, sedangkan diskon Rp 40.000 untuk pengiriman antar pulau.

o   Minimal transaksi Rp 250.000 akan mendapatkan promo gratis ongkos kirim hingga Rp 50.000 untuk pengiriman produk antar pulau.

Ketentuan gratis ongkir bagi penjual:

o   Power Merchant PRO memiliki biaya layanan sebesar 1,5% dengan maksimal Rp 10.000 per produk yang terjual.

o   Power Merchant memiliki biaya layanan sebesar 2,25% dengan maksimal Rp 10.000 per produk yang terjual.

o   Merchant Reguler memiliki biaya layanan sebesar 3% dengan maksimal Rp 10.000 per produk yang terjual.

7.     TopPoints

Bagi para pembeli yang beruntung akan mendapatkan poin khusus dari Tokopedia melalui fitur TopPoints ini. Nantinya, poin tersebut bisa ditukarkan dengan voucher belanja, misalnya voucher diskon 20% untuk semua jenis produk yang tersedia di Tokopedia.

8.     Lucky Deal

Hampir mirip dengan TopPoints, perbedaannya hanya dari segi penerima poin. Jika Tokopedia memberikan poin kepada pembeli aktif melalui TopPoints, maka fitur Lucky Deal ini ditujukan untuk penjual aktif di Tokopedia. Penjual yang mendapatkan poin tambahan dari Tokopedia dapat menukarkannya dengan berbagai keuntungan.

 

 

Posting Komentar untuk "SEJARAH SINGKAT DAN FITUR TOKOPEDIA"