10 CONTOH WEBSITE PERUSAHAAN TERBAIK
Di era serba digital ini, kebutuhan akan website semakin meningkat, baik untuk perusahaan skala besar, bisnis menengah, bisnis kecil, maupun bisnis mikro. Bentuknya tentu disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.
Apa Tujuan Membuat Website?
Menurut Forbes,
ada dua tujuan umum membuat website bisnis, yaitu menjual produk/jasa dan
membangun kredibilitas. Jika tujuan Anda adalah menjual produk dan jasa, Anda
bisa membuat website toko online dengan tujuan menghasilkan keuntungan dan
penjualan yang terukur.
Jika bisnis yang
Anda jalankan tidak memungkinkan untuk transaksi online secara langsung, Anda
juga bisa membuat website yaitu website perusahaan atau website perusahaan. Tujuan
dari corporate website atau website perusahaan adalah untuk menampilkan profil
perusahaan untuk membangun kredibilitas di dunia maya.
Situs web
perusahaan atau situs web perusahaan tidak mendatangkan pendapatan secara
langsung. Namun, situs web perusahaan penting untuk menjadi sumber informasi yang
dapat diandalkan tentang perusahaan Anda. Melalui situs web perusahaan, Anda dapat
membangun citra seperti apa yang ingin Anda tunjukkan kepada dunia.
Kriteria Website Perusahaan
1.
Informatif
Penyampaian
informasi dari perusahaan kepada pengunjung adalah tujuan utama dari sebuah
website perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan website perusahaanyang baik
untuk memudahkan pelanggan menemukan dan mengenali bisnis Anda.
2.
Loading Cepat
Dengan kondisi
infrastruktur internet yang masih belum optimal. Sangat penting bagi sebuah
situs web untuk memberikan kinerja kecepatan akses yang sangat baik. Ada banyak
website perusahaan yang informatif dan dibangun dengan desain yang menarik,
namun saat diakses kinerjanya sangat lambat. Kondisi ini tentu berbahaya,
karena bisa membuat calon nasabah kabur.
3.
Desain Responsif
Desain responsif
merupakan kriteria selanjutnya yang harus dimiliki oleh sebuah website
perusahaan. Pasalnya, hal ini sangat penting untuk mengantisipasi calon klien
yang mengakses situs dari berbagai ukuran perangkat.
4.
SEO Friendly
SEO atau Search
Engine Optimization adalah teknik untuk mengoptimalkan keterbacaan sebuah
website di mesin pencari. Saat ini penerapan SEO menjadi hal yang wajib agar
bisnis Anda tetap relevan di tengah perkembangan teknologi. Banyak sekali
manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah desain website yang SEO Friendly. Diantaranya
adalah potensi trafik organik tanpa batas, peningkatan omset, popularitas
merek, dan lain sebagainya.
Halaman Wajib Pada Website Perusahaan
1.
Tentang kami
Halaman tentang
kami atau Tentang kami adalah bagian penting dari situs web profil perusahaan. Tidak
hanya sebagai identitas perusahaan, tetapi juga sebagai bagian dari teknik
pemasaran untuk meyakinkan calon pelanggan.
2.
Kontak
Bahkan, Anda
dapat melakukannya hanya dalam beberapa klik menggunakan plugin tambahan. Namun,
halaman ini sering kali menjadi anak tiri oleh sebagian besar pengelola situs
web perusahaan. Tak jarang halaman kontak hanya berisi email perusahaan dan
link akun media sosial.
3.
Testimoni pelanggan
Belum lengkap
rasanya jika website perusahaantidak menyertakan testimoni dari pelanggan. Dengan
kata lain, baik buruknya review dari pelanggan dapat memberikan validasi bahwa
perusahaan tersebut telah dipercaya oleh orang lain.
4.
Term of service (TOS)
Halaman ini
biasanya berisi deskripsi lengkap tentang semua layanan di situs web. Dengan
kata lain, halaman ini akan melindungi Anda dari potensi tuntutan hukum yang
berlaku dari peraturan di dunia online mengenai informasi data sensitif,
peraturan pengguna, dan keselamatan pengunjung.
5.
Kebijakan provasi
6.
Produk dan layanan
Melalui halaman
ini Anda dapat menjelaskan layanan dan layanan yang ditawarkan, lengkap dengan
informasi detail mengenai harga jika diperlukan.
10 Contoh Website Perusahaan
1.
Bayer
Bayer berhasil
mempertahankan posisinya di peringkat kedua indeks ini dengan skor 213 dari
skor maksimum 280. Perusahaan tidak hanya menampilkan produk yang dijualnya,
tetapi juga menyediakan menu majalah yang berisi artikel edukasi tentang
berbagai topik berdasarkan pada wawasan internal perusahaan.
2.
Siemens
Siemens berada di
peringkat ketujuh dalam indeks tahun ini yang menunjukkan peningkatan dari
tahun 2016 yang berada di peringkat 11. Perusahaan ini menggunakan teknik
jurnalisme baru yang terlihat modern dan berani dalam konten situs web
perusahaannya.
3.
BP
Mendapat skor
yang sama, BP berada di urutan kedua bersama Bayer. Website BP ini telah
berhasil menampilkan suatu citra sebagai perusahaan migas yang peduli terhadap
transisi energi ke sumber energi rendah karbon.
4.
Coca Cola
Meski berada di
posisi buncit, namun website perusahaan Coca Cola bisa dijadikan contoh dalam
pembuatan website perusahaan ala majalah.
Sejak tahun 2013,
Coca Cola mengkampanyekan Coca Cola Journey di website perusahaannya yang
memuat cerita tentang produk Coca Cola di berbagai aktivitas konsumen di
seluruh dunia.
5.
Nestle
Di posisi kedua
bersama Bayer dan BP, Nestle tidak terlalu menonjol dalam aspek visual, tetapi
menonjol dalam hal kualitas informasi yang diberikannya. Menariknya, pengunjung
website Nestle bisa memasukkan tahun lahirnya di 'Your Life in Food' dan
mendapatkan informasi dan fakta terkait makanan yang terjadi pada tahun
tersebut.
6.
Shell
Shell berada di
peringkat kedelapan dalam indeks Bowen Craggs. Meski sempat turun dari peringkat
lima sebelumnya, Shell mendapat penilaian positif dari juri. Shell berhasil
membangun kehadiran online yang baik dengan konten bergaya majalah.
7.
Lukoil
Lukoil adalah
perusahaan besar, tetapi sedikit dikenal di luar Rusia. Setelah melakukan
perubahan pada website perusahaan, Lukoil berhasil masuk ke dalam indeks pada
posisi ke-25 dan sebagai perusahaan Rusia pertama dalam indeks Bowen Craggs.
8.
Unilever
Menurut Bowen
Craggs, situs web korporat Unilever sejak awal sudah bagus dan sekarang semakin
baik dan efektif. Unilever telah berhasil menciptakan citra perusahaan yang
peduli terhadap keberlanjutan, salah satu kampanyenya adalah membantu
masyarakat India mendapatkan toilet yang layak.
9.
HSBC
HSBC naik 10
peringkat dari 30 di 2016 menjadi 20 tahun ini. Menurut Bowen Craggs, HSBC
telah berhasil menunjukkan citranya sebagai pemimpin dalam bisnis dan keuangan.
10.
GSK
GSK merupakan
perusahaan farmasi Inggris yang berhasil menduduki peringkat pertama dalam
indeks Bowen Craggs tahun ini.
Kesimpulan
Mengelola website
perusahaan Anda harus selalu mengupdate pengetahuan tentang tren desain website
perusahaan. Sehingga website yang Anda kelola bisa menjadi lebih baik dari
waktu ke waktu.
Kumpulan contoh
website perusahaan diatas diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi anda untuk
meningkatkan kualitas website perusahaan yang anda jalankan.
Terakhir, jangan
lupa untuk memilih web hosting yang berkualitas untuk website perusahaan Anda
karena web hosting juga mempengaruhi kinerja website.
Posting Komentar untuk "10 CONTOH WEBSITE PERUSAHAAN TERBAIK"