Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 CONTOH WEBSITE PERUSAHAAN TERBAIK

Di era serba digital ini, kebutuhan akan website semakin meningkat, baik untuk perusahaan skala besar, bisnis menengah, bisnis kecil, maupun bisnis mikro. Bentuknya tentu disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.

Apa Tujuan Membuat Website?

Menurut Forbes, ada dua tujuan umum membuat website bisnis, yaitu menjual produk/jasa dan membangun kredibilitas. Jika tujuan Anda adalah menjual produk dan jasa, Anda bisa membuat website toko online dengan tujuan menghasilkan keuntungan dan penjualan yang terukur.

Jika bisnis yang Anda jalankan tidak memungkinkan untuk transaksi online secara langsung, Anda juga bisa membuat website yaitu website perusahaan atau website perusahaan. Tujuan dari corporate website atau website perusahaan adalah untuk menampilkan profil perusahaan untuk membangun kredibilitas di dunia maya.

Situs web perusahaan atau situs web perusahaan tidak mendatangkan pendapatan secara langsung. Namun, situs web perusahaan penting untuk menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan tentang perusahaan Anda.  Melalui situs web perusahaan, Anda dapat membangun citra seperti apa yang ingin Anda tunjukkan kepada dunia.

Kriteria Website Perusahaan

1.      Informatif

Penyampaian informasi dari perusahaan kepada pengunjung adalah tujuan utama dari sebuah website perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan website perusahaanyang baik untuk memudahkan pelanggan menemukan dan mengenali bisnis Anda.

2.      Loading Cepat

Dengan kondisi infrastruktur internet yang masih belum optimal. Sangat penting bagi sebuah situs web untuk memberikan kinerja kecepatan akses yang sangat baik. Ada banyak website perusahaan yang informatif dan dibangun dengan desain yang menarik, namun saat diakses kinerjanya sangat lambat. Kondisi ini tentu berbahaya, karena bisa membuat calon nasabah kabur.

3.      Desain Responsif

Desain responsif merupakan kriteria selanjutnya yang harus dimiliki oleh sebuah website perusahaan. Pasalnya, hal ini sangat penting untuk mengantisipasi calon klien yang mengakses situs dari berbagai ukuran perangkat.

4.      SEO Friendly

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik untuk mengoptimalkan keterbacaan sebuah website di mesin pencari. Saat ini penerapan SEO menjadi hal yang wajib agar bisnis Anda tetap relevan di tengah perkembangan teknologi. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah desain website yang SEO Friendly. Diantaranya adalah potensi trafik organik tanpa batas, peningkatan omset, popularitas merek, dan lain sebagainya.

Halaman Wajib Pada Website Perusahaan

1.      Tentang kami

Halaman tentang kami atau Tentang kami adalah bagian penting dari situs web profil perusahaan. Tidak hanya sebagai identitas perusahaan, tetapi juga sebagai bagian dari teknik pemasaran untuk meyakinkan calon pelanggan.

2.      Kontak

Bahkan, Anda dapat melakukannya hanya dalam beberapa klik menggunakan plugin tambahan. Namun, halaman ini sering kali menjadi anak tiri oleh sebagian besar pengelola situs web perusahaan. Tak jarang halaman kontak hanya berisi email perusahaan dan link akun media sosial.

3.      Testimoni pelanggan

Belum lengkap rasanya jika website perusahaantidak menyertakan testimoni dari pelanggan. Dengan kata lain, baik buruknya review dari pelanggan dapat memberikan validasi bahwa perusahaan tersebut telah dipercaya oleh orang lain.

4.      Term of service (TOS)

Halaman ini biasanya berisi deskripsi lengkap tentang semua layanan di situs web. Dengan kata lain, halaman ini akan melindungi Anda dari potensi tuntutan hukum yang berlaku dari peraturan di dunia online mengenai informasi data sensitif, peraturan pengguna, dan keselamatan pengunjung.

5.      Kebijakan provasi

6.      Produk dan layanan

Melalui halaman ini Anda dapat menjelaskan layanan dan layanan yang ditawarkan, lengkap dengan informasi detail mengenai harga jika diperlukan.

10 Contoh Website Perusahaan

1.      Bayer

Bayer berhasil mempertahankan posisinya di peringkat kedua indeks ini dengan skor 213 dari skor maksimum 280. Perusahaan tidak hanya menampilkan produk yang dijualnya, tetapi juga menyediakan menu majalah yang berisi artikel edukasi tentang berbagai topik berdasarkan pada wawasan internal perusahaan.

2.      Siemens

Siemens berada di peringkat ketujuh dalam indeks tahun ini yang menunjukkan peningkatan dari tahun 2016 yang berada di peringkat 11. Perusahaan ini menggunakan teknik jurnalisme baru yang terlihat modern dan berani dalam konten situs web perusahaannya.

3.      BP

Mendapat skor yang sama, BP berada di urutan kedua bersama Bayer. Website BP ini telah berhasil menampilkan suatu citra sebagai perusahaan migas yang peduli terhadap transisi energi ke sumber energi rendah karbon.

4.      Coca Cola

Meski berada di posisi buncit, namun website perusahaan Coca Cola bisa dijadikan contoh dalam pembuatan website perusahaan ala majalah.

Sejak tahun 2013, Coca Cola mengkampanyekan Coca Cola Journey di website perusahaannya yang memuat cerita tentang produk Coca Cola di berbagai aktivitas konsumen di seluruh dunia.

5.      Nestle

Di posisi kedua bersama Bayer dan BP, Nestle tidak terlalu menonjol dalam aspek visual, tetapi menonjol dalam hal kualitas informasi yang diberikannya. Menariknya, pengunjung website Nestle bisa memasukkan tahun lahirnya di 'Your Life in Food' dan mendapatkan informasi dan fakta terkait makanan yang terjadi pada tahun tersebut.

6.      Shell

Shell berada di peringkat kedelapan dalam indeks Bowen Craggs. Meski sempat turun dari peringkat lima sebelumnya, Shell mendapat penilaian positif dari juri. Shell berhasil membangun kehadiran online yang baik dengan konten bergaya majalah.

7.      Lukoil

Lukoil adalah perusahaan besar, tetapi sedikit dikenal di luar Rusia. Setelah melakukan perubahan pada website perusahaan, Lukoil berhasil masuk ke dalam indeks pada posisi ke-25 dan sebagai perusahaan Rusia pertama dalam indeks Bowen Craggs.

8.      Unilever

Menurut Bowen Craggs, situs web korporat Unilever sejak awal sudah bagus dan sekarang semakin baik dan efektif. Unilever telah berhasil menciptakan citra perusahaan yang peduli terhadap keberlanjutan, salah satu kampanyenya adalah membantu masyarakat India mendapatkan toilet yang layak.

9.      HSBC

HSBC naik 10 peringkat dari 30 di 2016 menjadi 20 tahun ini. Menurut Bowen Craggs, HSBC telah berhasil menunjukkan citranya sebagai pemimpin dalam bisnis dan keuangan.

10.   GSK

GSK merupakan perusahaan farmasi Inggris yang berhasil menduduki peringkat pertama dalam indeks Bowen Craggs tahun ini.

Kesimpulan

Mengelola website perusahaan Anda harus selalu mengupdate pengetahuan tentang tren desain website perusahaan. Sehingga website yang Anda kelola bisa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Kumpulan contoh website perusahaan diatas diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi anda untuk meningkatkan kualitas website perusahaan yang anda jalankan.

Terakhir, jangan lupa untuk memilih web hosting yang berkualitas untuk website perusahaan Anda karena web hosting juga mempengaruhi kinerja website.

Posting Komentar untuk "10 CONTOH WEBSITE PERUSAHAAN TERBAIK"