5+ CONTOH LANDING PAGE YANG MENARIK UNTUK WEBSITE ANDA
Tertarik untuk
mengiklankan situs web bisnis Anda di Google? Bagus sekali! Itu artinya Anda
selangkah lebih maju dalam menjalankan strategi pemasaran online. Tapi, sebelum
buru-buru menjalankan rencana itu. Simak artikel berikut ini.
Inilah 5+ contoh landing page yang menarik
1. Zalora
Sebagai retailer
fashion online besar di Asia, tujuan Zalora adalah mendapatkan pelanggan
sebanyak mungkin. Salah satu caranya adalah dengan memberikan diskon. Jika
perlu, potongan harga diberikan bertepatan dengan momen-momen tertentu.
Secara strategis,
Zalora menawarkan itu melalui halaman arahan khusus. Ada foto yang berisi satu
pria dan tiga wanita dengan gaya busana yang berbeda. Elemen angka 12 dapat
dilihat di sekitar foto. Tidak hanya eye-catching, Zalora berusaha memperkuat
citranya sebagai e-commerce yang melayani segala macam selera berpakaian.
2. Kolase
Collage adalah
platform crowdfunding khusus untuk musik. Ada dua fitur utama yang ditawarkan
platform ini. Pertama, kampanye. Melalui fitur ini, para kreator dapat
bercerita tentang proyek musik terbaru mereka dan mencari dukungan dari para
penggemarnya. Musisi juga bisa menggalang dana untuk merealisasikan karya
tersebut. Sebagai gantinya, penggemar akan mendapatkan merchandise eksklusif
atau item lain yang terkait dengan proyek yang sedang berlangsung.
Fitur kedua adalah
polling. Seperti namanya, fitur ini memudahkan para juru kampanye dan artis
untuk mensurvei selera pasar. Cara ini tentunya jauh lebih mudah dari sekedar
menebak dan membuat karya yang belum tentu Anda sukai.
3. Candi
borobudur
Sudah banyak tempat
wisata yang memiliki web. Namun bagaimana dengan website dengan desain yang
sederhana, user-friendly, disertai dengan landing page yang menarik? Mungkin
website milik PT. Taman Wisata Candi ini termasuk dalam kategori tersebut.
Landing page web
tersebut langsung menarik perhatian pengunjung dengan tampilan footage
videonya. Karena video tersebut, pengunjung tidak keberatan menghabiskan
beberapa detik untuk menonton video tersebut hingga selesai.
Tepat di bawah tajuk
utama, ada formulir dengan nada emas. Ada tiga kolom utama dalam formulir.
Pertama, berikan pilihan candi mana yang ingin Anda kunjungi. Kedua, tipe
wisatawan yang memesan tiket. Kemudian, ketiga, tombol CTA itu sendiri
4. Tiket.com
Siapa yang tidak
kenal dengan Tiket.com? Perpaduan warna dan lingkaran biru-kuning pasti sering
kita jumpai. Baik itu dalam materi promosi digital, atau papan reklame besar di
pinggir jalan. Elemen-elemen ini juga tidak absen di halaman arahan.
Tidak sembarangan
menempatkan elemen branding, Tiket.com sengaja menempatkan semua ini di bagian
paling strategis: bagian header di bawah menu utama. Di sana, ada informasi
diskon berupa slider. Desain infonya cukup sederhana. Ilustrasi di dalam
lingkaran kuning yang tidak terlalu besar. Di sebelah kanan, ada deskripsi
akomodasi dan diskon yang disediakan.
Tepat di bawah info,
ada formulir yang cukup lengkap tentang jenis layanan yang ditawarkan. Untuk
formulir penerbangan dan hotel, halaman arahan tidak akan dimuat ulang. Untuk
kereta api, persewaan mobil, dan hiburan, halaman arahan akan mengarahkan Anda
ke halaman khusus.
5. Shopback
Di Indonesia, ada
cukup banyak platform diskon dan promo khusus. Tapi rasanya Shopback baru bisa
bekerjasama dengan 2000 brand lokal dan internasional. Dengan jaringan Shopback
di negara-negara Asia Pasifik Singapura, Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand,
Vietnam, dan Australia Shopback telah memberikan total cashback sebesar U$30
juta.
Sebagai pendatang
baru, Shopback menyadari bahwa kepercayaan calon pelanggan perlu dibangun. Oleh
karena itu, menempatkan berbagai logo brand partner merupakan langkah yang
sangat strategis. Dengan begitu, calon pelanggan sadar bahwa platform ini
serius untuk bermitra dengan banyak merek terkenal. Selain itu, calon pengguna
bisa mengetahui promo apa saja yang bisa didapatkan melalui Shopback.
Keputusan ini tidak
salah. Apalagi jika dijalankan dengan benar. Setiap slider berisi promo
tertentu, lengkap dengan komposisi desain yang ideal. Judul, keterangan, CTA,
dan beberapa ilustrasi pendukung.
6. Ruang
guru
Katakanlah, anak atau
keponakan Anda sedang mencari bimbingan belajar. Apa yang pertama Anda
pikirkan? Biaya. Bukan kualitas guru atau mata pelajaran apa yang diajarkan.
Tapi, biaya. Betul sekali?
Pertanyaan ini
kemudian dijawab langsung melalui landing page Ruang Guru. Seperti yang
ditunjukkan di atas, Ruang Guru menyediakan formulir dengan dua kolom opsi yang
dapat disesuaikan. Kolom di sebelah kiri menyediakan opsi untuk tingkatan kelas
dari persiapan dasar hingga universitas. Di sebelah kanan, ada durasi les yang
diinginkan.
Biaya kuliah langsung
muncul di bagian bawah. Tepat saat Anda menyesuaikan tingkat kelas dan durasi
paket berlangganan. Desain formulir semacam ini cukup ramah pengguna. Mereka
tidak perlu membaca satu per satu daftar harga untuk kelas yang dibutuhkan.
7. Bareksa
Bareka adalah portal
marketplace reksa dana. Perusahaan menawarkan empat jenis produk, yaitu data
pasar (data reksa dana, saham, dan obligasi), alat investasi (aplikasi digital
untuk mencari, mengolah, dan menganalisis data), berita & analisis, dan
platform investasi online.
Bagi orang awam,
semua produk Bareksa ini bisa jadi membingungkan. Oleh karena itu, formulir pemilihan
reksa dana seperti gambar di atas dapat memancing rasa penasaran dan minat
pengunjung. Dari situ, pengunjung dapat mencoba mencari tahu produk keuangan
apa yang sesuai dengan kategori dan minat yang diharapkan.
Tidak hanya untuk
orang biasa saja. Memiliki formulir ini di halaman arahan juga memudahkan para
penggiat reksa dana. Cukup masukkan jenis reksa dana, kategori, persentase
bunga yang diinginkan, dan jangka waktu investasi. Kemudian, Anda bisa
mendapatkan daftar produk keuangan apa pun yang Anda pertimbangkan untuk
dibeli.
8. Themeforest.com
Contoh halaman arahan
pertama yang direkomendasikan berasal dari situs web Themeforest.com. Themeforest
adalah pasar digital yang menjual Tema & Template Web, Kode, Video, Audio,
Grafik, Foto, dan File 3D. Ada banyak sekali developer template yang menjual
landing page dengan harga yang bervariasi. Anda bisa meniru dari segi tata
letak dan desain untuk dijadikan sebagai contoh halaman arahan yang baik.
9. Mokapos
Waktu adalah uang.
Kami rasa itulah yang mendasari desain landing page Moka POS. Namun, Moka POS
sangat menyadari bahwa semakin singkat waktu yang dibutuhkan pengguna untuk
memahami produk, semakin cepat dan semakin banyak konversi yang akan mereka
dapatkan. Jadi, rasanya sangat tepat jika landing page ini menyediakan semua
info yang dibutuhkan pengunjung.
Siap buat landing page anda sendiri?
Anda telah melihat 8
contoh halaman arahan yang menarik dari berbagai e-commerce dan startup. Jadi,
Anda harus siap untuk membuat halaman arahan Anda sendiri, baik menggunakan
metode di atas atau banyak pembuat halaman gratis yang tersedia.
Untuk mempermudahnya,
Anda bisa menggunakan salah satu dari sekian banyak pembuat halaman yang ada di
pasaran. Elementor dan Mailchimp adalah dua opsi yang dapat Anda pertimbangkan.
Keduanya intuitif dan sangat mudah digunakan.
Posting Komentar untuk "5+ CONTOH LANDING PAGE YANG MENARIK UNTUK WEBSITE ANDA"