Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MEMULAI BISNIS DARI TIKTOK SHOP DAN INSTAGRAM SHOPPING

Saat ini menjalankan bisnis atau berjualan secara online semakin mudah, asalkan kamu memiliki minat yang kuat di bidang bisnis tersebut. Selain banyak varian produk yang bisa dijual, kamu juga bisa bebas memilih tempat atau fasilitas apa yang ingin digunakan untuk berjualan online.

Jika sebelumnya banyak orang yang menggunakan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lain, kini kamu dapat memanfaatkan media sosial bisnis atau yang juga dikenal dengan social commerce.

Selain promosi, dalam social commerce, para pelaku bisnis dapat menjual produk dan pengguna media sosial dapat membeli produk yang diinginkan secara langsung di aplikasi media sosial.

Sama halnya dengan pemesanan produk melalui e-commerce, melalui social commerce pembeli dapat melakukan transaksi dengan berbagai bank atau e-wallet yang telah bekerjasama, memantau atau melacak pesanan yang dikirim dan lain-lain.

Dengan pengalaman jual beli yang berbeda ini tentunya bisa kamu manfaatkan untuk mencuri perhatian lebih banyak pelanggan. Hal ini tentunya membuat penjualan produk semakin laris dan bisnis kamu semakin menguntungkan.

Jadi, media sosial apa yang sekarang memiliki fitur perdagangan sosial dan bagaimana kamu akan menggunakannya?

Buat para pebisnis online wajib simak ulasan berikut ini!

kamu bingung mencari produk kredit tanpa agunan terbaik? Cermati punya solusinya!

 


 

Seharusnya media sosial memiliki fungsi sesuai dengan namanya yaitu untuk sosialisasi di dunia maya mulai dari berbagi foto atau video, salam, diskusi dan lain-lain dengan teman atau pengguna lain.

Namun seiring berjalannya waktu, media sosial juga banyak dimanfaatkan oleh pengguna untuk mempromosikan bisnisnya. Melihat peluang besar di bidang bisnis ini, media sosial akhirnya mengembangkan fitur aplikasi agar pengguna bisa melakukan jual beli melalui media sosial.

Memang belum semuanya, namun ada dua media sosial yang telah melengkapi fitur jual beli dan dapat dioperasikan oleh pengguna Indonesia, yaitu Instagram Shopping (IG Shop) dan TikTok Shop.

Dua fitur dari masing-masing aplikasi media sosial ini tentu saja tidak boleh diabaikan. Bagi kamu para pebisnis yang menjual barang atau jasa, segera daftarkan bisnis kamu ke IG shop dan TikTok Shop.

Berikut syarat dan caranya:

o   DAFTAR TIKTOK SHOP

a)     Kamu harus mendaftar terlebih dahulu melalui situs yang telah disediakan untuk TikTok Shop Seller Center (https://seller-id.tiktok.com/account/welcome)

b)     Daftar dengan TikTok akun bisnis kamu

c)      Mengisi beberapa informasi pribadi, seperti email, alamat, nomor telepon dan data-data lainnya

d)     Jangan lupa untuk mengisi informasi bisnis kamu dengan lengkap, yang meliputi: nama toko, alamat, jenis barang, informasi produk dan lainnya

e)     Setelah selesai mengisi semua itu, kamu hanya perlu menunggu notifikasi berupa verifikasi dari TikTok Shop.

Metode pembayaran yang digunakan TikTok Shop sendiri sudah banyak piliannya. Dan semua metode itu juga mudah untuk dilakukan. Seperti OVO, GoPay, Bank Transfer, Dana, Kartu Kredit, Indomaret, dan juga Alfamaret.ASKES Tetap Sehat

o   DAFTAR INSTAGRAM SHOPPING

Sebelum ke tahap mengaktifkan Instagram Shopping, kamu perlu memerhatikan syarat-syarat di bawah ini:

*     Tempat usaha berada di area yang didukung oleh fitur belanja Instagram

*     Pastikan produk yang kamu jual memenuhi persyaratan Instagram

*     Bisnis harus mematuhi perjanjian penjual dan kebijakan Instagram

*     Harus memiliki halaman Facebook dan situs web yang akan digunakan untuk menjual.

MENGAKTIFKAN AKUN BISNIS INSTAGRAM SHOPPING

a)     Tahap pertama yaitu ubah akun Instagram kamu menjadi akun bisnis atau creator. Caranya: Login ke akun Instagram kamu, bukala pengaturannya, pilih tombol “Account”, pilih lagi tombol “Switch to a Professional Account”, pilih tombol yang bertuliskan “Continue”, atur kategori bisnis, dan yang terakhir pilih tombol “Done”

b)     Buatlah website yang berisi informasi tentang toko atau barang yang akan kamu jual

c)      Buat juga alaman Facebook dan juga tambahkan katalog di dalamnya. Caranya:

Ø  Buat akun pengelola halaman facebook di Pengelola Bisnis Facebook dan masuk menggunakan akun facebook atau bisnis kamu.

Ø  Isilah informasi yang ada di dalamnya, bersifat wajib

Ø  Pilih pengaturan bisnis

Ø  Pilih menu sumber data, lalu klik juga menu katalog dan tambahkan untuk membuat katalog baru sesuai keinginan kamu

Ø  Buat nama produk barang kamu dan tuliskan di katalog

Ø  Pilih satu orang (admin) saja yang dapat mengakses katalog ini, lalu pilihlah tetapkan

Ø  Klik Manajer Katalog

Ø  Klik Saluran dan Tambahkan Produk

Ø  Tambahkan secara manual

Ø  Isi informasi produk dan klik Tambah Produk

d)     Setelah selesai tahap diatas, kamu bisa mengaktifkan Instagram Shopping dan hubungkan pada katalog Facebook yang telah kamu buat tadi. Caranya:

Ø  Bukala pengaturan dan pilih menu “Business”

Ø  Sign Up for Shopping

Ø  Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang diminta dan tunggu peninjauan akun

Ø  Setelah itu aktifkanlah fitur Shopping

Ø  Langkah terakhir yaitu tambahkan label produk dengan setidaknya 5 Tag Products dan Share

e)     Hubungkan 2 elemen terpenting, yaitu katalog Instagram Shopping dan  Facebook

Ø  Kunjungi halaman Pengaturan Bisnis Facebook

Ø  Pilih halaman Facebook Toko kamu, lalu Pengaturan Bisnis dan klik Sumber Data lalu Katalog

Ø  Klik Buka di Pengelola Katalog

Metode pembayaran pada Instagram Shopping sendiri hanya beberapa, tidak sebanyak TikTok Shop. Seperti Kartu Kredit, GoPay, dan juga Bank Transfer.

TIPS MEMAKSIMALKAN PENJUALAN PADA SOCIAL COMMERCE

Bagi kamu yang merupakan pebisnis lama dan sudah memiliki pelanggan tentunya tidak perlu bingung bagaimana cara mendapatkan pembeli di social commerce. Namun bagi kamu yang masih pemula yang baru ingin mengaktifkan IG Shop dan TikTok Shop perlu memaksimalkan tips berikut ini, antara lain:

1)     Produk dan kemasan berkualitas tinggi

Hal utama yang perlu diingat adalah kamu harus menjual produk berkualitas tinggi, mulai dari bahan yang digunakan untuk mengirimkannya hingga kemasan yang aman. Tentu saja, jika kualitasnya bagus, pengguna social commerce akan tertarik untuk membeli produk Anda.

2)     Buat konten produk yang menarik

Cukup dengan mengunggah foto katalog produk yang dijual tidak mengurangi selera pelanggan. Buat foto dan video konsep dengan informasi lengkap tentang produk yang dijual. Jangan lupa untuk menggunakan filter untuk musik terbaru. Dengan begitu, pembeli dapat dengan mudah menarik mereka untuk memesan produk dan jasa yang kamu jual.

3)     Tetapkan harga promosi yang menarik

Tentu saja, selain kualitas produk dan layanan yang baik, harga juga menjadi faktor penentu bagi pengguna social commerce yang memutuskan apakah akan membeli penjualan kamu. Untuk melakukan ini, kamu perlu menetapkan harga promosi yang menarik. Namun, kamu perlu memastikan bahwa harga promosi tidak menurunkan harga pasar dan kamu tetap mendapatkan keuntungan yang layak.

Jangan berpikir untuk mendapatkan penjualan besar itu mudah. kamu perlu mengalami pasang surut dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis kamu. Kamu perlu berhati-hati saat menawarkan produk dan layanan agar bisnis kamu berjalan sesuai harapan dan kamu mendapatkan penjualan bisnis yang diinginkan. Ia antusias menjalankan bisnis dan tidak mudah menyerah saat menghadapi berbagai kesulitan. Kami juga menentukan strategi bisnis yang sesuai dengan tren sosial.

Posting Komentar untuk "MEMULAI BISNIS DARI TIKTOK SHOP DAN INSTAGRAM SHOPPING"