Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEJARAH BERKEMBANGNYA TOKO ONLINE DI INDONESIA

 



Toko online di Indonesia berkembang pesat dan berdampak besar bagi perekonomian Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, awal mula toko online di Indonesia dimulai pada tahun 1994 ketika Indosat menjadi penyedia layanan internet pertama di Indonesia sekaligus menyediakan koneksi internet untuk seluruh masyarakat. Koneksi internet dapat digunakan sebagai cara bagi kebanyakan orang untuk berjualan.

Cikal bakal toko online baru muncul pada tahun 1999 ketika Andrew Darwis mendirikan sebuah forum bernama Kaskus yang juga menjadi forum jual beli. Selanjutnya, Bhinneka.com didirikan dan menjadi tempat jual beli di Indonesia.

Menyadari pertumbuhan transaksi online yang tumbuh pesat, pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan untuk menyusun undang-undang e-commerce. 4 tahun kemudian, Tokobagus.com didirikan. Semakin banyaknya ekosistem toko online membuat Doku diluncurkan sebagai layanan uang elektronik.

2 tahun kemudian, Tokopedia didirikan. Hype e-commerce berhembus kencang ketika Go-Jek didirikan pada 2010 sebagai layanan transportasi online dan berdirinya Bukalapak. Hingga saat ini, Tokopedia dan Go-jek terus berinovasi dan menjadi perusahaan yang memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian negara.

Perusahaan-perusahaan e-commerce mulai bermunculan di berbagai bidang, seperti Tiket.com yang berdiri sejak tahun 2011. Setahun kemudian, Traveloka dan lahirlah ide dan diadakan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).

Kemajuan E-commerce di Indonesia hingga saat ini

Pada tahun 2014, Tokopedia memenangkan sejarah dengan mendapatkan kucuran sebesar US$ 100 juta dan menjadi yang terbesar dalam sejarah e-commerce. Namun, rekor ini juga dikalahkan oleh Tokopedia pada tahun 2017.

Secara historis, ada banyak pemain baru dan lama berseliweran di dunia e-commerce Indonesia. Pada tahun 2015, Tokobagus dan Berniaga memutuskan untuk bergabung menjadi satu dengan nama OLX yang fokus pada jual beli barang bekas.

Hingga saat ini sudah tak terhitung banyaknya layanan e-commerce atau uang elektronik yang bermunculan. Pertumbuhan mereka diprediksi akan terus tumbuh hingga angka yang sangat tinggi sehingga mampu mendukung pertumbuhan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

Pengaruh Toko Online terhadap sektor ekonomi

Ada banyak toko online di Indonesia yang berkembang pesat dan berdampak pada berbagai aspek, termasuk sektor ekonomi. Data analisis Ernst & Young menunjukkan bahwa bisnis online di Indonesia tumbuh 40% setiap tahunnya. Bisnis online didominasi oleh UMKM.

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mengatakan bukan tidak mungkin sektor UMKM akan menjadi motor penggerak utama perekonomian mengingat pertumbuhannya yang semakin pesat diikuti dengan kemajuan ekonomi online.

Hal ini juga dibuktikan dengan keseriusan Presiden Jokowi di sektor ekonomi digital. Pengangkatan Nadiem Makarim, Wishnutama, dan Erick Thohir sebagai Menteri diyakini mampu membawa hal baru bagi perekonomian Indonesia, khususnya ekonomi digital.

Efek ekonomi digital terdapat 3 faktor vital pada ekonomi indonesia

1.      Membuat lapangan pekerjaan yang lebih luas

2.      Meningkatnya belanja yang lebih efisien

3.      Pertumbuhan ekonomi daerah

Toko online sebagai tiang perekonomian masyarakat nasional

Toko online di Indonesia diprediksi menjadi salah satu faktor penting dalam kemajuan ekonomi Indonesia

Ada 3 hal yang menjadi kunci penting mengapa perekonomian negara bisa berkembang pesat, internet, generasi milenial dan teknologi. Internet telah menjadi kendaraan dan teknologi seperti bahan bakar yang siap mendukung generasi milenial sebagai pengemudi.

Tak pelak, pertumbuhan e-commerce dan start-up di Indonesia sangat pesat. Menurut laporan e-Conomy yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, Indonesia masih tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Asia Tenggara.

Sistem pembayaran digital sebagai pendukung utama

Untuk mendukung hal tersebut, banyak hal yang dibangun dan terkait dengan infrastruktur ekonomi digital seperti sistem pembayaran. Pembayaran Digital adalah sistem utama yang diadopsi oleh banyak bisnis untuk toko mereka.

Sistem pembayaran cashless banyak digemari masyarakat karena kepraktisan dan kemudahannya. Orang hanya membayar melalui perangkat yang mereka miliki dan pembayaran selesai dalam sekejap.

Berbekal fitur invoice, inventory, dan accounting, Anda dapat melakukan billing, pembukuan dan pengelolaan inventory dengan lebih mudah dan terorganisir secara digital. Baru-baru ini, Paper memiliki portal pembayaran digital bernama PayPer.

PayPer telah terintegrasi dengan fitur lain sehingga laporan akan terdata secara otomatis dan terdapat daftar riwayat pembayaran yang dapat diakses baik oleh pelaku usaha maupun pelanggan. Oleh karena itu, semuanya transparan, aman dan nyaman.

Posting Komentar untuk "SEJARAH BERKEMBANGNYA TOKO ONLINE DI INDONESIA"